Record Details

SEKOLAH/MADRASAH BERKUALITAS DAN BERKARAKTER

Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SEKOLAH/MADRASAH BERKUALITAS DAN BERKARAKTER
 
Creator Mustaqim, Mustaqim
 
Subject Sekolah Berkualitas; TQM; Budaya Mutu
 
Description Keberhasilan pendidikan Indonesia secara makro sangat diten-tukan oleh jutaan institusi mikro yang bernama sekolah. Rangkaian jutaan sekolah itulah yang akan menentukan bangunan kualitas pen-didikan di negara tercinta ini. Singkatnya, apabila mikro sekolah tersebut unggul, dapat dipastikan kualitas pendidikannya, bahkan sumber daya manusia, akan terdongkrak menjadi unggul pula. Selama ini, tidak jarang sekolah yang mengklaim dirinya sebagai sekolah unggulan. Beragam upaya dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, di antaranya melakukan sertifikasi ISO, menaikkan status sekolah menjadi SBI (Sekolah Berstandar Internasional), menyekolahkan tenaga pengajar ke jenjang magister (S2), dan lainnya. Bahkan, berdalih sebagai sekolah unggulan, siswa yang disaring pun hanya siswa yang memiliki kualifikasi akademik tinggi. Namun satu hal yang perlu diingat, bahwa pembangunan sekolah berkualitas juga dibutuhkan budaya sekolah yang berkualitas serta mantabnya karakter sekolah menuju peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.
 
Publisher FITK UIN Walisongo
 
Contributor
 
Date 2016-06-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/461
10.21580/nw.2012.6.1.461
 
Source Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 6, No 1 (2012): Manajemen Pendidikan Islam; 137 - 154
2502-8057
1979-1739
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/461/421
 
Rights Copyright (c) 2016 Nadwa