Record Details

SINERGI IMPLEMENTASI ANTARA PENDIDIKAN AKIDAH DAN AKHLAK MENURUT HAMKA

Jurnal Theologia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SINERGI IMPLEMENTASI ANTARA PENDIDIKAN AKIDAH DAN AKHLAK MENURUT HAMKA
 
Creator Kasmali, Kasmali
 
Description Abstract: This article discusses the implementation of educational creed has a very close relationship with moral education. Creed became the foundation for the implementation of morals. Didsari deeds and djiwai by faith will lead to actions directed, planned, so awake from shirk. True and strong faith will bring a noble character and strong. All that is done is a reflection of the strength of faith, so that the behavior is done is correct behavior and sincere, reflecting the behavior of worship to God. Abstrak: Artikel ini membahas tentang implementasi pendidikan akidah memiliki hubungan yang sangat erat dengan pendidikan akhlak. Akidah menjadi landasan bagi pelaksanaan akhlak. Perbuatan yang didsari dan djiwai oleh akidah akan menimbulkan perbuatan yang terarah, terencana, sehingga terjaga dari perbuatan syirik. Akidah yang benar dan kuat akan memunculkan akhlak yang mulia dan kuat. Semua yang dilakukan merupakan cerminan dari kekuatan akidah, sehingga perilaku yang dilakukan merupakan perilaku yang benar dan ikhlas, mencerminkan perilaku ibadah kepada Allah. Keywords: akidah, akhlak, iman, syirik, pendidikan.
 
Publisher Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
 
Contributor
 
Date 2016-03-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/teologia/article/view/433
10.21580/teo.2015.26.2.433
 
Source Jurnal Theologia; Vol 26, No 2 (2015): TASAWUF DAN KEARIFAN LOKAL
2540-847X
0853-3857
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/teologia/article/view/433/396
 
Rights Copyright (c) 2016 Teologia