Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Aspek Psikomotorik Anak Didik: dalam Pembelajaran PAI di SMA Jati Agung Taman Sidoarjo
TARBAWI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Aspek Psikomotorik Anak Didik: dalam Pembelajaran PAI di SMA Jati Agung Taman Sidoarjo
|
|
Creator |
Dwi Jayanti, Anny wahyu
|
|
Description |
Abstrak Penelitian ini menggunakan penerapan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada PAI di SMA Jati Agung Sidoarjo. Dari fokus masalah tersebut yaitu bagaimana konsep metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada PAI, bagaimana penerapan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada PAI di SMA Jati Agung Sidoarjo, dan bagaimana kendala-kendala yang dihadapi SMA Jati Agung Sidoarjo dalam menerapakan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada pembelajaran PAI. Berkaitan dengan ketiga rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini menghasilkan data-data deskripsi tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap, menentukan masalah penelitian, pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi), dan analisis data. Obyek penelitian ini terletak di jalan Jeruk no 27 Wage Taman Sidoarjo – jawa timur. Dalam penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan penerapan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik di SMA Jati Agung Sidoarjo dilakukan dalam bentuk proyek latihan atau belajar khusus dan proyek masalah. Adapun proyek latihan atau belajar khusus dikonsep dalam bentuk BTQ (Baca Tulis Al Qur’an) yang dilaksanakan pada hari jumat. Sedangkan proyek masalah dibedakan berdasarkan pelaksanaannya yaitu dilaksanakan di sekolah dan di luar sekolah. Penerapan metode proyek sendiri dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada PAI di SMA Jati Agung Sidoarjo cukup baik. Sekalipun dengan adanya metode seperti ini tidak menutup kemungkinan adanya kendala-kendala yang dihadapi demi tercapainya tujuan pembelajaran yang efisien dan efektif. Kendala-kendala yang dihadapai SMA Jati Agung Sidoarjo dalam menerapkan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada PAI antara lain: minimnya jam pelajaran PAI, kurangnya antusias siswa terhadap mata pelajaran PAI, dan tidak meratanya kemampuan siswa dalam pelajaran PAI. Kata kunci: Metode Proyek, Psikomotorik, Pendidikan Agama Islam. |
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
|
|
Date |
2019-11-08
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/3051
10.36781/tarbawi.v8i1.3051 |
|
Source |
TARBAWI; Vol. 8 No. 1 (2019): SEPTEMBER; 47-59
2597-6672 2252-5882 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/3051/2219
|
|