Record Details

Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa MI/SD: dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

TARBAWI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa MI/SD: dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
 
Creator Syamsudin, Syamsudin
 
Description Pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pemahaman yang  lebih mendalam tentang alam sekitar. Selain itu pribadi siswa sebagai makhluk sosial perlu dilatih agar memiliki keterampilan sosial yang tinggi demi pencapaian tujuan pembelajaran. Keterampilan sosial merupakan kemampuan  individu  dalam bentuk perilaku yang mendukung kesuksesan hubungan sosial dan membantu seseorang menyesuaikan diri serta memungkinkan individu untuk bekerja bersama dengan orang lain secara efektif. Salah satu model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD skor kemajuan individu dan kelompok akan sangat berpengaruh terhadap prestasi kelompok. Gagasan utama di belakang STAD adalah memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan guru. Hal ini akan membuat siswa menjadi semangat untuk belajar agar mampu menambah poin kelompok dan membantu teman sekelompok jika belum menguasai bahan yang diajarkan oleh guru. Apabila setiap hari mereka melakukan hal ini maka akan terbentuk keterampilan sosial yang bagus.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keterampilan Sosial
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
 
Date 2019-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/3022
10.36781/tarbawi.v7i2.3022
 
Source TARBAWI; Vol. 7 No. 2 (2019): FEBRUARI; 119-140
2597-6672
2252-5882
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/3022/2193