Record Details

Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Al Fithrah Surabaya Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah

TARBAWI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Al Fithrah Surabaya Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
 
Creator Syamsudin, Syamsudin
 
Description Strategi pembelajaran harus diarahkan untuk memfasilitasi pencapaian kompetensi yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum agar setiap individu mampu menjadi pebelajar mandiri sepanjang hayat yang pada gilirannya mereka menjadi komponen penting untuk mewujudkan masyarakat belajar. Kemandirian belajar adalah kemauan siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang bertumpu pada aktifitas dan tanggung jawab dengan didorong oleh kekuatan dari dalam diri sendiri dalam usaha mencapai tujuan yang dianggap bernilai dan bermanfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Keterlaksanaan pembelajaran; 2) respon siswa ; 3) Aktivitas siswa ; 4) Hasil belajar siswa; serta 5) Kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada 35 siswa kelas VII PDF Wustha Al Fithrah Surabaya semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan rancangan One-Group Pre test and Post test Design. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: 1) Keterlaksanaan sangat baik (skor rata-rata 3.69); 2) siswa merespon sangat positif (92.33%); 3) Aktivitas siswa bersifat student center; 4) Hasil belajar siswa meningkat (N-gain 0.74); 5) Kemandirian belajar siswa meningkat. Simpulan penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha dapat dikembangkan secara efektif menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
 
Date 2018-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format inode/x-empty
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2974
10.36781/tarbawi.v7i1.2974
 
Source TARBAWI; Vol. 7 No. 1 (2018): SEPTEMBER; 15-30
2597-6672
2252-5882
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2974/2179