Record Details

PENDIDIKAN KARAKTER: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ATAU MADRASAH

TARBAWI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDIDIKAN KARAKTER: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ATAU MADRASAH
 
Creator Imawan, Aris
 
Description Proses pembelajaran pendidikan karakter secara terpadu bisa dibenarkan karena sejauh ini muncul keyakinan bahwa anak akan tumbuh dengan baik jika dilibatkan secara alamiah dalam proses belajar. Terdapat enam cirri pendidikan terpadu (1) students centered; (2) inquiry; (3) pemisahan bidang studi tidak begitu jelas; (4) menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran; (5) dinamis, dan (6) hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik. Integrasi pembelajaran dapat dilakukan dalam substansi materi, pendekatan, metode, dan model evaluasi yang dikembangkan. Pada prinsipnya semua mata pelajaran dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan semua karakter peserta didik, namun agar tidak terjadi tumpang-tindih dan terabaikannya salah satu karakter yang akan dikembangkan, perlu dilakukan pemetaan berdasarkan kedekatan materi dengan karakter yang akan dikembangkan.Dari segi pendekatan dan metode meliputi inkulkasi (inculcation), keteladanan (modeling,qudwah), fasilitasi (facilitation), dan pengembangan keterampilan (skill building). Dalam pendidikan karakter, pemodelan atau pemberian teladan merupakan strategi yang biasa digunakan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
 
Date 2018-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2964
10.36781/tarbawi.v3i1.2964
 
Source TARBAWI; Vol. 3 No. 1 (2014): SEPTEMBER; 93-103
2597-6672
2252-5882