KETELADANAN SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
TARBAWI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KETELADANAN SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
|
|
Creator |
Sahri, Iksan Kamil
|
|
Description |
Mendidik dengan keteladanan adalah salah satu metode dalam pendidikan Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadith. Dari itu keteladanan menjadi sesuatu yang penting dalam Islam lebih khususnya dalam dunia pendidikan karena ia adalah contoh hidup dari ajaran yang diajarkan. Guru sebagai salah satu sumber belajar dalam dunia pendidikan bagi para siswa dituntut untuk memberikan contoh yang baik bagi para siswanya (uswah hasanah). Hal ini karena apa yang dikerjakan oleh guru dapat dilihat dan diperhatikan oleh para peserta didik. Dan berkenaan dengan keteladanan sebagai strategi pembelajaran pendidikan Islam, guru sangat berpean penting dalam terbentuknya mental sikap pada anak didik. Untuk menjadikan keteladanan sebagai strategi pembelajaran agama Islam, maka diperlukan sebuah bentuk pembelajaran yang terintegrasi antara nilai dengan materi dan dalam hal ini bentuknya dapat berupa pengaplikasian akan nilai-nilai yang diajarkan berdasar pembelajaran kontektual (Contextual Learning and Teaching) yang diatur dalam perangkat pembelajaran dan diimplementasikan dalam KBM. Selain itu, diperlukan secara sungguh-sungguh untuk melakukan evaluasi secara kontinou untuk menindak lanjuti hasil pembelajaran.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
|
|
Date |
2018-07-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2951
10.36781/tarbawi.v2i1.2951 |
|
Source |
TARBAWI; Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Tarbawi; 1-25
2597-6672 2252-5882 |
|