PENDIDIKAN DAN PLURALISME: ANALISIS KRITIS ATAS SISTEM PENDIDIKAN AGAMA
TARBAWI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDIDIKAN DAN PLURALISME: ANALISIS KRITIS ATAS SISTEM PENDIDIKAN AGAMA
|
|
Creator |
Imawan, Aris
|
|
Description |
Salah satu kelemahan sistem pendidikan agama di Indonesia terletak pada kurangnya penekanan pada nilai-nilai moral yang mendukung hubungan harmonis antara sesama manusia. Tanpa mengabaikan nilai-nilai teologis, seperti iman, tauhid dan jihad, nilai-nilai moral yang dapat menciptakan hubungan harmonis ini perlu ditekankan melalui pendidikan agama.Dari itu ada dua tawaran yang bisa kita lakukan untuk menghadapi permasalahan tersebut. Pertama, para anak didik akan lebih mudah meyerap nilai-nilai toleransi dan keharmonisan jika mereka mengenal para anak didik lain dari agama, etnik dan budaya yang berbeda. Hal ini dilakukakan agar mereka dapat saling mengenal dan pada gilirannya saling menghargai, bersahabat dan bahkan dapat bekerja sama. Kedua, dalam mengajarkan perbandingan agama, salah satu aspek yang perlu ditekankan adalah pendekatan yang digunakan. Agama-agama lain dapat dipahami dengan benar oleh para anak didik --dan juga oleh guru-guru atau dosen-dosen-- apabila pendekatan yang digunakan dalam mempelajari agama-agama itu adalah pendekatan simpatik, seperti pendekatan fenomenologis dan pendekatan dialogis, bukan pendekatan apologetis dan polemis.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
|
|
Date |
2018-07-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2950
10.36781/tarbawi.v1i1.2950 |
|
Source |
TARBAWI; Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Tarbawi; 77-94
2597-6672 2252-5882 |
|