PRINSIP DASAR METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB
Jurnal Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PRINSIP DASAR METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB
|
|
Creator |
Djalaluddin, H. M.
|
|
Subject |
Pengajaran, Bahasa, Arab
|
|
Description |
Ada tiga prinsip dasar dalam pengajaran bahasa Arab, yaitu prinsip prioritas dalam proses penyajian materi ajar, prinsip koreksitas dan umpan balik, prinsip bertahap dalam penyampaian materi kepada peserta didik.Ada beberapa langkah aplikasi yang diperlukan dalam pengajaran bahasa Arab, agar teknik penyampaian materi berhasil dan dapat terlaksana, yaitu: Memberikan contoh sebelum memberikan kaidah gramatika, memberikan contoh kalimat yang biasa dipakai sehari-hari, dan memberikan motivasi yang cukup untuk berekspresi melalui tulisan, lisan bahkan mungkin ekspresi wajah, agar meraka merasa terlibat langsung dengan proses pengajaran yang berlangsung.Ada dua macam metode pengajaran bahasa Arab, yaitu: pertama, metode tradisional, yaitu metode pengajaran bahasa yang terfokus pada “bahasa sebagai budaya ilmu” sehingga belajar bahasa Arab berarti belajar secara mendalam tentang seluk-beluk ilmu bahasa Arab itu sendiri. Dan kedua, metode modern, yaitu metode pengajaran yang berorientasi pada tujuan bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan modern.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya
|
|
Date |
2018-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JK/article/view/3367
10.54298/jk.v1i2.3367 |
|
Source |
Jurnal Keislaman; Vol. 1 No. 2 (2018): Jurnal Keislaman; 227-235
2722-7804 2089-7413 10.54298/jk.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JK/article/view/3367/2377
|
|