Improving Sales Omset With The Utilization Of Social Media To Support The Success Of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs)
JURNAL DAMARWULAN
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Improving Sales Omset With The Utilization Of Social Media To Support The Success Of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs)
Peningkatan Omset Penjualan Disertai Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha UMKM |
|
Creator |
Putra, Suhendro
|
|
Subject |
Keywords: Sales Omset, MSMEs, Media Social
Kata kunci: Omset Penjualan, UMKM, Media Sosial |
|
Description |
The world growth so fast, education growth so fast, science growth so fast, technology growth so fast, transportation growth so fast, comunication growth so fast and so on. The growth of science and technology of information now is not be avoided, internet and social media are needed. People will continue to try to fulfill their needs with all his efforts and abilities. So internet and media social must be used to support the succesfull of bussiness and marketing. along with the development, bussiness must be change from the conventional bussiness to the modern bussines that apllied with use online one include media social. The people of desa Penambangan, kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo has a demographic condition where most of the population are entrepreneurs, as retail shop and grocery shop, this is caused by the location is close to the traditional market. The fact that currently there are many complaints from traders who experience a decrease in sales turnover. This community service program initiated by the Al-Anwar College of Economics aims to provide insight and techniques for Omzet Enhancement Selling With Utilization of Social Media To Support Improvement of The UMKM For Success. The method of implementation is (1) entrepreneurship seminar activities, (2) discusion (3) counseling on effective marketing methods to the public. This activity involved part of the community of desa Penambangan, kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo and was assisted by staff and facilitators from local village officials. The result of this activity is the public know (1) Marketing and selling technique (2) media social for enterpreneurship. Dunia berkembang dengan sangat pesat, pendidikan berkembang dengan sangat pesat, ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat, teknologi berkembang dengan sangat pesat, transportasi berkembang dengan sangat pesat, komunikasi berkembang dengan sangat pesat, dan seterusnya. Perkembangan pada dunia teknologi informasi pada saat ini sudah tidak dapat terelakkan lagi, internet dan media sosial adalah suatu kebutuhan. Manusia akan terus berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan segala upaya dan kemampuannya. Maka internet dan media sosial harus bisa dimanfaatkan untuk menunjang keberhasilan dalam usaha dan pemasaran. Seiring dengan perkembangan tersebut dunia usaha pun harus berubah dari usaha konvensional harus mengikuti usaha online, yang dulunya hanya offline sekarang harus ada yang di onlinekan agar bisa berkembang dan maju. Masyarakat desa Penambangan, kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo yang sebagian besar penduduknya adalah berwirausaha, yaitu sebagai pedagang karena letak nya yang berada dekat dengan pasar tradisional. Kenyataan bahwa saat ini banyak keluhan para pedagang yang mengalami penurunan omset penjualan. Program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar ini bertujuan untuk memberikan wawasan maupun teknik Peningkatan Omset Penjualan Disertai Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menunjang Keberhasilan UMKM. Metode pelaksanaan dengan (1) kegiatan seminar entrepreneurship, (2) diskusi (3) penyuluhan tentang metode pemasaran yang efektif kepada masyarakat. Kegiatan ini melibatkan sebagian masyarakat desa Penambangan, kecamatan Balongbendo, kabupaten Sidoarjo dibantu oleh tenaga dan fasilitator dari aparat desa setempat. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat mengetahui (1) teknik pemasaran dan penjualan yang efektif, (2) media social sebagai sarana untuk berwirausaha. |
|
Publisher |
LPPM STIE
|
|
Date |
2021-11-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/damar/article/view/87
|
|
Source |
JURNAL DAMARWULAN; Vol. 4 No. 2 (2021): November 2021; 5-13
2621-1947 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/damar/article/view/87/36
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 JURNAL DAMARWULAN
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|