Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS
peningkatan Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS |
|
Creator |
Halid, Ahmad
Faisol, Achmad Al Ghafir, Abu Aman Siddiq Agus Niah, Sitti Holifah |
|
Description |
Improving learning outcomes depends on the teacher teaching students. teachers must have strategies so that students can learn effectively and efficiently, and can recognize the expected goals of learning that takes place in the classroom. The focus of the research is on how to improve social studies learning outcomes through the "Student Teams Achievement Divisions" small group discussion method for Class III students at SD Negeri Gambiran 03 for the academic year 2020-2021"? The purpose of this study is to improve the quality of learning on cooperative materials by using the small group discussion method "Student Teams Achievement Divisions. This study uses a qualitative approach to the type of CAR with the research subject of teachers and third grade students. data collection using interviews, observation and documentation. The results of this study show the improvement of social studies learning outcomes through the small group discussion method "Student Teams Achievement Divisions". In the third grade students of SD Negeri Gambiran 03 there was an increase, as evidenced by the increase in student learning outcomes from pre-cycle to cycle 1 which increased, from cycle 1 to cycle II also increased.
Abstrak: Peningkatan hasil pembelajaran tergantung kepada guru yang mengajar siswa. guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, serta dapat mengenal tujuan yang diharapkan dari pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Fokus penelitian bagaimana peningkatan hasil belajar IPS melalui metode diskusi kelompok kecil ”Student Teams Achievement Divisions” pada Siswa Kelas III SD Negeri Gambiran 03 Tahun Pelajaran 2020-2021”? Tujuan penelitian ini Peningkatan kualitas pembelajaran pada materi kerjasama dengan penggunaan metode diskusi Kelompok kecil ”Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas III. pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjukkan Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Diskusi Kelompok kecil ”Student Teams Achievement Divisions” . Pada Siswa Kelas III SD Negeri Gambiran 03 mengalami peningkatan, dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 meningkat, dri siklus 1 ke siklus II juga mengalami peningkatan. |
|
Publisher |
Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
|
|
Date |
2021-11-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4396
|
|
Source |
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 6 No. 2 (2021): AL-YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan; 254
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 6 No 2 (2021): AL-YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan; 254 2527-6603 2527-3175 10.55102/al yasini.v6i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4396/3169
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|