DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19
DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 |
|
Creator |
Pratama, Angga
|
|
Description |
Abstract: This study tested online learning with conventional learning. This research method used a quasi-experimental pretest-posttest none-evaluative control group design method. The sample in this study were 44 respondents divided into 2 classes, namely the experimental class and the control class. The experimental class as a trial class uses online learning while the control class uses conventional learning. The results of the paired sample T test, the sig (2 tailed) value of 0.000 <0.005, it can be concluded that there is an effect of blended learning on learning outcomes. learning is 85.86, while conventional learning is 77.81, it shows that online learning has higher results compared to conventional learning. Keywords: Online learning, conventional learning, the Covid 19 pandemic Abstrak: Penelitian ini menguji coba pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional .metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi-eksperimental pretest-posttest none-evaluative control group design. Adapun Sampel pada penelitian ini sebanyak 44 responden dengan cara dibagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebagai kelas uji coba menggunakan online learning sedangkan kelas kontrol yaitu menggunakan pembelajaran konvensional. hasil uji paired sample T test nilai sig (2 tailed) 0,000 <0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh blended learning terhadap hasil belajar Sedangkan hasil independent sample T test 0,000 <0,005 maka terdapat pengaruh Perbedaan antara blended learning dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata blended learning 85,86 sedangkan pembelajaran konvensional sebesar 77,81 maka menunjukkan pembelajaran online lebih tinggi hasilnya dibandingkan dengan pembelajaran konvensional . Kata kunci: Pembelajaran online, pembelajaran konvensional, pandemi Covid 19 Abstract: This study tested online learning with conventional learning. This research method used a quasi-experimental pretest-posttest none-evaluative control group design method. The sample in this study were 44 respondents divided into 2 classes, namely the experimental class and the control class. The experimental class as a trial class uses online learning while the control class uses conventional learning. The results of the paired sample T test, the sig (2 tailed) value of 0.000 <0.005, it can be concluded that there is an effect of blended learning on learning outcomes. learning is 85.86, while conventional learning is 77.81, it shows that online learning has higher results compared to conventional learning. Keywords: Online learning, conventional learning, the Covid 19 pandemic Abstrak: Penelitian ini menguji coba pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional .metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi-eksperimental pretest-posttest none-evaluative control group design. Adapun Sampel pada penelitian ini sebanyak 44 responden dengan cara dibagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebagai kelas uji coba menggunakan online learning sedangkan kelas kontrol yaitu menggunakan pembelajaran konvensional. hasil uji paired sample T test nilai sig (2 tailed) 0,000 <0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh blended learning terhadap hasil belajar Sedangkan hasil independent sample T test 0,000 <0,005 maka terdapat pengaruh Perbedaan antara blended learning dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata blended learning 85,86 sedangkan pembelajaran konvensional sebesar 77,81 maka menunjukkan pembelajaran online lebih tinggi hasilnya dibandingkan dengan pembelajaran konvensional . Kata kunci: Pembelajaran online, pembelajaran konvensional, pandemi Covid 19 |
|
Publisher |
Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
|
|
Date |
2021-05-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4157
|
|
Source |
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 6 No. 1 (2021): AL-YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan; 1-10
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 6 No 1 (2021): AL-YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan; 1-10 2527-6603 2527-3175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4157/3061
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ |
|