Record Details

DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19
DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19
 
Creator Pratama, Angga
 
Description Abstract: This study tested online learning with conventional learning. This research method used a quasi-experimental pretest-posttest none-evaluative control group design method. The sample in this study were 44 respondents divided into 2 classes, namely the experimental class and the control class. The experimental class as a trial class uses online learning while the control class uses conventional learning. The results of the paired sample T test, the sig (2 tailed) value of 0.000 <0.005, it can be concluded that there is an effect of blended learning on learning outcomes. learning is 85.86, while conventional learning is 77.81, it shows that online learning has higher results compared to conventional learning.
Keywords: Online learning, conventional learning, the Covid 19 pandemic
 
Abstrak: Penelitian ini menguji coba pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional .metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi-eksperimental pretest-posttest none-evaluative control group design. Adapun Sampel pada penelitian ini sebanyak 44 responden dengan cara dibagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebagai kelas uji coba menggunakan online learning sedangkan kelas kontrol yaitu menggunakan pembelajaran konvensional. hasil uji paired sample T test nilai sig (2 tailed) 0,000 <0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh blended learning terhadap hasil belajar Sedangkan hasil independent sample T test 0,000 <0,005 maka terdapat pengaruh Perbedaan antara blended learning dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata blended learning 85,86 sedangkan pembelajaran konvensional sebesar 77,81 maka menunjukkan pembelajaran online lebih tinggi hasilnya dibandingkan dengan pembelajaran konvensional .
Kata kunci: Pembelajaran online, pembelajaran konvensional, pandemi Covid 19
Abstract: This study tested online learning with conventional learning. This research method used a quasi-experimental pretest-posttest none-evaluative control group design method. The sample in this study were 44 respondents divided into 2 classes, namely the experimental class and the control class. The experimental class as a trial class uses online learning while the control class uses conventional learning. The results of the paired sample T test, the sig (2 tailed) value of 0.000 <0.005, it can be concluded that there is an effect of blended learning on learning outcomes. learning is 85.86, while conventional learning is 77.81, it shows that online learning has higher results compared to conventional learning.
Keywords: Online learning, conventional learning, the Covid 19 pandemic
 
Abstrak: Penelitian ini menguji coba pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional .metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi-eksperimental pretest-posttest none-evaluative control group design. Adapun Sampel pada penelitian ini sebanyak 44 responden dengan cara dibagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebagai kelas uji coba menggunakan online learning sedangkan kelas kontrol yaitu menggunakan pembelajaran konvensional. hasil uji paired sample T test nilai sig (2 tailed) 0,000 <0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh blended learning terhadap hasil belajar Sedangkan hasil independent sample T test 0,000 <0,005 maka terdapat pengaruh Perbedaan antara blended learning dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata blended learning 85,86 sedangkan pembelajaran konvensional sebesar 77,81 maka menunjukkan pembelajaran online lebih tinggi hasilnya dibandingkan dengan pembelajaran konvensional .
Kata kunci: Pembelajaran online, pembelajaran konvensional, pandemi Covid 19
 
Publisher Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
 
Date 2021-05-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4157
 
Source Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 6 No. 1 (2021): AL-YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan; 1-10
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 6 No 1 (2021): AL-YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan; 1-10
2527-6603
2527-3175
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4157/3061
 
Rights Copyright (c) 2021 Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/