Record Details

PERAN GURU PAI DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN TELUKJAMBE I KARAWANG

Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN GURU PAI DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN TELUKJAMBE I KARAWANG
PERAN GURU PAI DALAM MENYIKAPI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN TELUKJAMBE I KARAWANG
 
Creator Nurjaman, Nurjaman
Sholeh, Slamet
Muzaki, Iqbal Amar
 
Description The problem of this study aims to determine how the role of PAI teachers in addressing the impact of the development of communication technology in fifth grade students at SDN Telukjambe I in the 2019/2020 school year. This study aims: (a) To find out the positive and negative impacts of communication technology development for fifth grade students at SDN Telukjambe I, (b) To find out the objective conditions of PAI teachers at SDN Telukjambe I, and (c) To find out the role of PAI teachers in addressing the impact of the development of communication technology on fifth grade students at SDN Telukjambe I. This type of research is qualitative research. The sources and in this study were divided into two, namely primary data sources namely principals, PAI teacher class V, and homeroom teachers (class Va and Vb) at SDN Telukjambe I, and secondary data sources, namely data in the form of documents there are such as books, theses, archives and school documents that are related to the subject matter being investigated. Data collection techniques used were interviews, observations, and documentation. The results of this study indicate that the role of PAI teachers in responding to the impact of the development of communication technology in fifth grade students at SDN Telukjambe I has succeeded in carrying out several responsibilities and their role towards students in terms of protecting students from the negative effects of communication technology. Before these effects affect students, the role of PAI teachers in providing precautions through several beneficial activities provided to students is urgently needed
Permasalahan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas V di SDN Telukjambe I tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan : (a) Untuk mengetahui dampak positif maupun negatif perkembangan teknilogi komunikasi bagi siswa kelas V di SDN Telukjambe I, (b) Untuk mengetahui kondisi objektif guru PAI di SDN Telukjambe I, dan (c) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas V di SDN Telukjambe I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber dan dalam penelitian ini di bedakan menjadi dua, yaitu sumber data primer yakni kepala sekolah, guru PAI kelas V, dan wali kelas (kelas Va dan Vb) di SDN Telukjambe I, dan sumber data sekunder, yaitu data dalam bentuk dokumen-dokumen yang ada seperti buku, skripsi, arsip dan dokume sekolah yang ada kaitannya dengan pokok permasalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observsi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi komunikasi pada siswa kelas V di SDN Telukjambe I telah berhasil melaksanakan beberapa tanggung jawab dan perannya terhadap peserta didik dalam hal melindungi peserta didik dari efek negatif teknologi komunikasi tersebut. Sebelum efek tersebut mempengaruhi peserta didik, peranan guru PAI dalam memberikan pencegahan-pencegahan melalui beberapa kegiatan bermanfaat yang diberikan kepada peserta didik sangatlah dibutuhkan.
 
Publisher Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
 
Date 2020-11-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3972
 
Source Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 5 No. 2 (2020): Nopember 2020; 424-434
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 5 No 2 (2020): Nopember 2020; 424-434
2527-6603
2527-3175
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3972/2873
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian Bidang Keislaman dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/