Record Details

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING

Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING
 
Creator Robiatul Adawiyah, Yayah
 
Description Abstract
The development of computerized systems through networks is increasing. The internet is a public network. Its existence is indispensable both as a medium of information and free communication. One of the uses of the internet is the distance learning system through electronic learning or better known as E-Learning. This type of research is a descriptive qualitative research with a field research approach (Field Research). Arabic language lectures at Nurul Jadid Paiton University are conducted using E-learning media in Arabic and non-language study programs. The results showed that the E-learning application can help facilitate lecturers and students in carrying out the learning process more deeply. This is because both students and lecturers can collect assignments, distribute assignments, assess assignments at home or anywhere without being bound by time limits or class hours.
Keywords: Implementation, Learning, Arabic, E-learning
Abstrak
Perkembangan sistem komputerisasi melalui jaringan semakin meningkat. Intenet merupakan jaringan publik. Keberadaannya sangat diperlukan baik sebagai media informasi maupun komunikasi yang dilakukan secara bebas. Salah satu pemanfaatan internet adalah pada sistem pembelajaran jarak jauh melalui belajar secara elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah  E-Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Perkuliahan bahasa Arab di Universitas Nurul Jadid Paiton dilakukan menggunakan media E-learning di lingkungan program studi bahasa Arab dan non-bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi E-learning dapat membantu  memudahkan  dosen  dan  mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar dengan lebih mendalam. Hal ini disebabkan karena baik mahasiswa maupun dosen dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, menilai tugas di rumah atau dimanapun tanpa terikat batas waktu atau jam pelajaran.
Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran, Bahasa Arab, E-learning
 
 
Publisher Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
 
Date 2020-11-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3791
 
Source Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 5 No. 2 (2020): Nopember 2020; 521-542
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 5 No 2 (2020): Nopember 2020; 521-542
2527-6603
2527-3175
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3791/2983
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian Bidang Keislaman dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/