IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING |
|
Creator |
Robiatul Adawiyah, Yayah
|
|
Description |
Abstract The development of computerized systems through networks is increasing. The internet is a public network. Its existence is indispensable both as a medium of information and free communication. One of the uses of the internet is the distance learning system through electronic learning or better known as E-Learning. This type of research is a descriptive qualitative research with a field research approach (Field Research). Arabic language lectures at Nurul Jadid Paiton University are conducted using E-learning media in Arabic and non-language study programs. The results showed that the E-learning application can help facilitate lecturers and students in carrying out the learning process more deeply. This is because both students and lecturers can collect assignments, distribute assignments, assess assignments at home or anywhere without being bound by time limits or class hours. Keywords: Implementation, Learning, Arabic, E-learning Abstrak Perkembangan sistem komputerisasi melalui jaringan semakin meningkat. Intenet merupakan jaringan publik. Keberadaannya sangat diperlukan baik sebagai media informasi maupun komunikasi yang dilakukan secara bebas. Salah satu pemanfaatan internet adalah pada sistem pembelajaran jarak jauh melalui belajar secara elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah E-Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Perkuliahan bahasa Arab di Universitas Nurul Jadid Paiton dilakukan menggunakan media E-learning di lingkungan program studi bahasa Arab dan non-bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi E-learning dapat membantu memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar dengan lebih mendalam. Hal ini disebabkan karena baik mahasiswa maupun dosen dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, menilai tugas di rumah atau dimanapun tanpa terikat batas waktu atau jam pelajaran. Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran, Bahasa Arab, E-learning |
|
Publisher |
Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
|
|
Date |
2020-11-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3791
|
|
Source |
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 5 No. 2 (2020): Nopember 2020; 521-542
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 5 No 2 (2020): Nopember 2020; 521-542 2527-6603 2527-3175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3791/2983
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian Bidang Keislaman dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ |
|