Record Details

STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0
STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0
 
Creator jakfar, jakfar
 
Description Abstract: This study aims to determine the strategy of Islamic educational institutions in facing the industrial revolution 4.0. From the results of several studies indicate that Islamic educational institutions are a place for the implementation of education with a variety of facilities, regulations, and responsible for education imbued with the spirit of teachings and good values ​​with the intention to embody the teachings of goodness. Positive impacts, namely Increased Efficiency and Productivity, Lower Costs, Better Risk Management, Faster Identification and Problem Solving. Negative impacts are susceptible to cyber attacks, inexpensive human resources investment, technological impact on the environment Impact on human resources
                  The strategy of the first Islamic educational institution was to change the educational system in the institution. At least from two education groups (integrative and fully digital), there will be two fundamental changes in reconstructing education. The second strategy is to prepare the profession in the era of RI 4.0 in schools / madrasas. We know that the link and match of Indonesia's education with the industry has been very weak long ago. When disruptive work in this era changes, then there is a new opportunity for the world of education to immediately adapt the work of this era. The third strategy is to reconstruct the curriculum with the three main literacy approach in RI 4.0. Calistung, which was the hallmark of the previous era, must be reconstructed as soon as possible so that education is not left behind. There are several sub strategies in implementing the curriculum reconstruction.
Keywords: Strategy, Islamic educational institutions, industrial revolution 4.0
 
 
 
Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa  Lembaga pendidikan Islam adalah suatu wadah berlangsungnya penyelenggaraan pendidikan dengan berbagai sarana, peraturan, dan penanggung jawab pendidikan yang dijiwai oleh semangat ajaran dan nilai-nilai yang baik dengan niat untuk mengejawantahkan ajaran-ajaran kebaikan. Dampak positif yaitu Efisiensi dan Produktifitas Meningkat, Biaya yang Lebih Murah, Manajemen Resiko yang Lebih Baik, Identifikasi dan Pemecahan Masalah yang Lebih Cepat.  Dampak negatif yaitu Rentan dengan serangan siber, Investasi SDM yang tidak murah, Dampak teknologi terhadap lingkungan Dampak terhadap SDM
                Strategi lembaga pendidikan Islam pertama adalah mengubah sistem pendidikan di lembaga tersebut. Paling tidak dari dua kelompok pendidikan (integratif dan fully digital), maka akan ada dua perubahan fundamental dalam merekonstruksi pendidikan. Strategi kedua adalah mempersiapkan profesi di era RI 4.0 di sekolah/madrasah. Kita mengetahui bahwa link and match pendidikan Indonesia dengan industri sangat lemah sejak dahulu. Ketika disruptif pekerjaan di era ini berubah, maka ada kesempatan baru bagi dunia pendidikan untuk segera mengadaptasi pekerjaan era ini. Strategi ketiga merekonstruksi kurikulum dengan pendekatan tiga literasi utama di RI 4.0. Calistung yang menjadi ciri khas era sebelumnya harus sesegera mungkin dikonstruksi ulang agar pendidikan tidak ketinggalan. Ada beberapa sub strategi dalam implmentasi rekonstruksi kurikulum ini.
     Kata Kunci : Strategi  , Lembaga pendidikan Islam, revolusi industri 4.0
 
Publisher Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
 
Date 2020-05-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3774
 
Source Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 5 No. 1 (2020): Mei 2020; 77-91
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 5 No 1 (2020): Mei 2020; 77-91
2527-6603
2527-3175
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3774/2760
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian Bidang Keislaman dan Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/