Record Details

PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM: Nurul Iflaha,M.Pd.I, STIS Miftahul Ulum Lumajang

Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM: Nurul Iflaha,M.Pd.I, STIS Miftahul Ulum Lumajang
 
Creator Iflaha, Nurul
 
Description Abstract
                 <div style=’text-align:justify;’>Curriculum management is a cooperative, comprehensive, systemic and systematic on curriculum management system in order to release the achievement of curriculum goals through the process of planning, organizing, implementing and evaluating. Curriculum management is a form of effort by educational institutions to make learning effective, so that it becomes quality learning. Curriculum management is expected to be carried out on target by applying the principles of good governance. Good governance in Indonesian is “tata pemerintahan yang baik”. Good governance is an administration focusing on democracy. The principles of good governance are various which applied in each organization, but there are some principles are considered to be the main application in organization namely participation, accountability and transparency. The principle of good governance is the principle aspired in every country, this principle can be also applied to smaller units such as educational institutions because there is a systemic organizational structure </div>.
Keywords : good governance and curriculum management.
 
Abstrak
                <div style=’text-align:justify;’> Pengelolaan kurikulum adalah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan keberhasilan tujuan kurikulum melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pengelolaan kurikulum merupakan bentuk upaya yang dilakukan lembaga pendidikan untuk mengefektifkan pembelajaran sehingga menjadi pembelajaran yang berkualitas. Pengelolaan kurikulum diharapkan dapat terlaksana tepat sasaran dengan cara menerapkan prinsip good governance. Good governance dalam bahasa Indonesia diartikan tata pemerintahan yang baik. Good governance merupakan suatu penyelenggaraan pemerintahan yang menitikberatkan pada demokrasi. Prinsip good governance yang diterapkan bervariasi dalam setiap organisasi, namun ada beberapa prinsip yang dipandang utama diterapkan dalam organisasi yakni partisipasi, akuntabilitas dan transparansi. Prinsip good governance adalah prinsip yang dicita-citakan dalam setiap Negara, prinsip ini dapat pula diterapkan pada unit yang lebih kecil seperti lembaga pendidikan karena didalamnya terdapat struktur keorganisasian yang sistemik </div>.
Kata kunci : Good Governance dan Pengelolaan Kurikulum
 
Publisher Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan
 
Date 2019-05-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3523
 
Source Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol. 4 No. 1 (2019): MEI; (28-42)
Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan; Vol 4 No 1 (2019): MEI; (28-42)
2527-6603
2527-3175
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3523/2614
 
Rights Copyright (c) 2019 Al Yasini : Jurnal Bidang Keislaman dan Pendidikan
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/