PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SECARA DARING PADA SISWA KELAS IX A DI SMP NEGERI 42 SURABAYA
JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SECARA DARING PADA SISWA KELAS IX A DI SMP NEGERI 42 SURABAYA
PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SECARA DARING PADA SISWA KELAS IX A DI SMP NEGERI 42 SURABAYA |
|
Creator |
Pariantie, Nunuk
|
|
Subject |
Project Citizen Model, Learning Achievement
Model Project Citizen, Prestasi Belajar |
|
Description |
The use of this learning model is intended to improve Civics learning achievement for grade IX A students whose implementation was carried out online during the Covid-19 period at SMP Negeri 42 Surabaya. The research used is Classroom Action Research with the implementation of treatment/cycle in 2 meetings. The subjects in this study were 42 students in grade 9-A (22 male students and 20 female students). Data collection techniques in this research are documentation, observation, test, participant or observer observation, field notes. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis and descriptive quantitative. The success indicator in this research is 75%. From the results of the discussion in this study, it can be seen that through the application of the Project Citizen model, there is an increase in ability. This is shown through the test results from the pre-cycle with a percentage of 33.33% still below the KKM, the first cycle with a percentage of 52.38% which is also still below the KKM, and the second cycle with a percentage of 78.57% already exceeding the KKM. completeness criteria, so that it can be concluded into a good and effective category. From the explanation of the implementation of learning using the Project Citizen model, the action hypothesis of this study was declared accepted. Penggunaan model pembelajaran ini ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IX A yang pelaksanaannya dilakukan secara daring pada masa Covid19 di SMP Negeri 42 Surabaya. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pelaksanaan treatment/Siklus sebanyak 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9-A sebanyak 42 siswa (laki-laki 22 siswa dan perempuan 20 siswa). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, test, pengamatan partisipan atau observer, catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dalah 75%. Dari hasil pembahasan pada penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa melalui penerapan model Project Citizen, maka terjadi peningkatan kemampuanya. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil test dari pra-siklus dengan presentase sebanyak 33,33% masih di bawah KKM, siklus I dengan presentase sebanyak 52,38% yang juga masih di bawah KKM, dan siklus II dengan presentase sebanyak 78,57% sudah melampaui kriteria ketuntasan, sehingga sudah bisa disimpulkan menjadi kategori baik dan efektif. Dari pemaparan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Citizen, maka hipotesa tindakan dari penelitian ini dinyatakan diterima. |
|
Publisher |
LPPM STIE AL ANWAR MOJOKERTO
|
|
Date |
2021-10-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/86
|
|
Source |
JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol. 11 No. 2 (2021): Oktober 2021; 26-34
JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol 11 No 2 (2021): Oktober 2021; 26-34 2620-8407 1907-8811 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/86/34
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 Nunuk Pariantie
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|