Record Details

Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pencemaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping: (studi pada Siswa di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tegal)

JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pencemaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping: (studi pada Siswa di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tegal)
Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pencemaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping: studi pada Siswa Kelas 1 NKPI A Semester 2 Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tegal
 
Creator Kurniaw, Anjang
 
Subject Penelitian tindakan kelas, mind mapping, aktivitas belajar, prestasi
Penelitian tindakan kelas, mind mapping, aktivitas belajar, prestasi
 
Description Kegiatan belajar mengajar lebih di dominasi oleh guru dimana seharusnya guru hanya berperan sebagai fasilitator saja sehingga siswa cenderung pasif dan kurang aktif bertanya serta mengemukakan pendapatnya.Siswa juga kurang termotivasi untuk memecahkan masalah bersama-sama.Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan prestasi siswa rendah.Oleh karena itu perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengethui peningkatan aktivitas belajar siswa dan prestasi siswa melalui pembelajaran mind mapping. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas 1 NKPI A SUPM Negeri Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, observasi, catatan harian, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan tes.Sedangkan analisis kualitatif dilakukan untuk menganalisis data non tes yang diperoleh dari siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran mind mapping mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa ditandai dengan meningkatnya rerata hasil belajar dari siklus I dengan rerata 68,64 menjadi 80,77 pada siklus II dan memberikan respon/sikap positif dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 47,64% pada siklus I menjadi 73,82% pada siklus II.
Kegiatan belajar mengajar lebih di dominasi oleh guru dimana seharusnya guru hanya berperan sebagai fasilitator saja sehingga siswa cenderung pasif dan kurang aktif bertanya serta mengemukakan pendapatnya.Siswa juga kurang termotivasi untuk memecahkan masalah bersama-sama.Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan prestasi siswa rendah.Oleh karena itu perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengethui peningkatan aktivitas belajar siswa dan prestasi siswa melalui pembelajaran mind mapping. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas 1 NKPI A SUPM Negeri Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, observasi, catatan harian, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan tes.Sedangkan analisis kualitatif dilakukan untuk menganalisis data non tes yang diperoleh dari siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran mind mapping mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa ditandai dengan meningkatnya rerata hasil belajar dari siklus I dengan rerata 68,64 menjadi 80,77 pada siklus II dan memberikan respon/sikap positif dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 47,64% pada siklus I menjadi 73,82% pada siklus II.
 
Publisher LPPM STIE AL ANWAR MOJOKERTO
 
Date 2021-03-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/77
 
Source JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol. 11 No. 1 (2021): Maret 2021; 1-7
JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol 11 No 1 (2021): Maret 2021; 1-7
2620-8407
1907-8811
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/77/31
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 Anjang Kurnia
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0