Record Details

ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK WISATA MUSEUM MAJAPAHIT TROWULAN

JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK WISATA MUSEUM MAJAPAHIT TROWULAN
ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK WISATA MUSEUM MAJAPAHIT TROWULAN
 
Creator Sumarno
 
Subject wisatawan, memilih obyek wisata, museum majapahit
wisatawan, memilih obyek wisata, museum majapahit
 
Description Diantara daerah wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto salah satu daerah yang potensial adalah desa Trowulan yang sampai sekarang masih belum dimanfaatkan dengan optimal. Kemampuan daya tarik objek wisata Museum Majapahit Trowulan belum begitu luas diketahui dan dikenal masyarakat. Selama ini masyarakat sekitarnya hanya mengetahui informasi minim tentang keberadaan Museum Trowulan, padahal tempat ini memilik nilai sejarah yang sangat tinggi bagi Indonesia. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan wisatawan dalam memilih Museum Majapahit Trowulan sebagai obyek kunjungan wisata.
             Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara  kuesioner yang dibagikan kepada para pengunjung Museum Majapahit Trowulan, selain itu juga dilakukan wawancara pada setiap pengunjung Museum Majapahit Trowulan dengan tujuan memperkuat pemahaman kuesioner.
Hasil dari penelitian ini yang menguji 20 variabel dengan menggunakan analisa faktor ternyata terdapat 6 faktor yang mempunyai Eigenvalue lebih dari 1 dengan nilai prosentase variance kumulatif sebesar 57,659%. Adapun 6 faktor yang mempengaruhi pengujung dalam memilih berkunjung ke Museum Majapahit Trowulan adalah sebagai berikut : 1) Faktor koleksi benda sejarah dan harga yang terjangkau (variance = 18,165%., 2) Faktor wawasan sejarah, fasilitas, dan paket wisata pendidikan(variance = 10,88%), 3) Faktor promosi (variance = 9,057%), 4) Faktor  pengaruh teman dan famili (variance 7,399%), 5) faktor pelayanan yang baik dan tempatnya bersih (variance =  6,571%) dan 6) faktor kemudahan menjangkau lokasi (variance = 5,581%).
Diantara daerah wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto salah satu daerah yang potensial adalah desa Trowulan yang sampai sekarang masih belum dimanfaatkan dengan optimal. Kemampuan daya tarik objek wisata Museum Majapahit Trowulan belum begitu luas diketahui dan dikenal masyarakat. Selama ini masyarakat sekitarnya hanya mengetahui informasi minim tentang keberadaan Museum Trowulan, padahal tempat ini memilik nilai sejarah yang sangat tinggi bagi Indonesia. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan wisatawan dalam memilih Museum Majapahit Trowulan sebagai obyek kunjungan wisata.
             Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara  kuesioner yang dibagikan kepada para pengunjung Museum Majapahit Trowulan, selain itu juga dilakukan wawancara pada setiap pengunjung Museum Majapahit Trowulan dengan tujuan memperkuat pemahaman kuesioner.
Hasil dari penelitian ini yang menguji 20 variabel dengan menggunakan analisa faktor ternyata terdapat 6 faktor yang mempunyai Eigenvalue lebih dari 1 dengan nilai prosentase variance kumulatif sebesar 57,659%. Adapun 6 faktor yang mempengaruhi pengujung dalam memilih berkunjung ke Museum Majapahit Trowulan adalah sebagai berikut : 1) Faktor koleksi benda sejarah dan harga yang terjangkau (variance = 18,165%., 2) Faktor wawasan sejarah, fasilitas, dan paket wisata pendidikan(variance = 10,88%), 3) Faktor promosi (variance = 9,057%), 4) Faktor  pengaruh teman dan famili (variance 7,399%), 5) faktor pelayanan yang baik dan tempatnya bersih (variance =  6,571%) dan 6) faktor kemudahan menjangkau lokasi (variance = 5,581%).
 
Publisher LPPM STIE AL ANWAR MOJOKERTO
 
Date 2015-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/76
 
Source JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol. 5 No. 1 (2015): Maret 2015; 12-20
JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol 5 No 1 (2015): Maret 2015; 12-20
2620-8407
1907-8811
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/76/30