Record Details

STUDI BAURAN PEMASARAN TERHADAP CITRA ROKOK SAMPOERNA BAGI KALANGAN MAHASISWA: (Studi Kasus Mahasiswa STIE Al-Anwar Mojokerto)

JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STUDI BAURAN PEMASARAN TERHADAP CITRA ROKOK SAMPOERNA BAGI KALANGAN MAHASISWA: (Studi Kasus Mahasiswa STIE Al-Anwar Mojokerto)
 
Creator Mujib, Abdul
 
Subject brand image, bauran pemasaran.
 
Description Aktivitas pemasaran yang bertujuan untuk merealisir pertukaran nilai dengan konsumen,menjadikan peranan komunikasi pemasaran semakin penting dalam rangka membentuk citra (brandimage) konsumen. Citra inilah yang kemudian digunakan konsumen sebagai landasan dalamberprilaku terhadap produk yang ditawarkan, yaitu apakah ia akan membeli atau tidak membeli produktersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yaitu Produk,price, Promosi,dan place terhadap citra rokok Sampoerna A Mild di kalangan mahasiswa.Hasil penelitian membuktikan bahwa produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi(X4) secara bersama-sama memiliki hubungan dengan variabel terikat citra rokok Sampoerna (Y)diperoleh hasil korelasi sebesar 0,628 berarti memiliki hubungan yang cukup kuat. Sedangkan nilai Rsquare sebesar 0, 394 berarti bahwa masing-masing variabel bebas mampu menerangkan variabelcitra rokok Sampoerna sebesar 39,4% sedangkan sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh faktor-faktoryang lain. Sedangkan pengujian pada tingkat taraf nyata 0,05 secara individual menunjukkan bahwaproduk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) menunjukkan pengaruh berpengaruhsecara nyata terhadap citra rokok Sampoerna, hal ini dapat dilihat dari nilai t rasio x1 = 2,328, x2 =2,049, x3 =2,626, dan x4 = 2,192 yang lebih besar dari ttabel = 1,985. Analisa varian denganmenggunakan uji F diperoleh hasil F hitung sebesar 15,442 lebih besar dari F tabel (2,468) jadi secarasimultan variabel bebas produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) berpengaruhsecara nyata terhadap citra rokok Sampoerna. Selain itu pula hasil perhitungan koefisien determinasiparsial menunjukkan variabel promosi memberikan pengaruh yang dominan terhadap citra rokokSampoerna sebesar 6,8%.
 
Publisher LPPM STIE AL ANWAR MOJOKERTO
 
Date 2014-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/1
 
Source JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol. 4 No. 1 (2014): Maret 2014; 1-12
JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR; Vol 4 No 1 (2014): Maret 2014; 1-12
2620-8407
1907-8811
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/1/1
 
Rights Hak Cipta (c) 2014 JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR