PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS ANAK
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS ANAK
|
|
Creator |
Rizka Khuswanal Mala
|
|
Subject |
Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengembangan budaya religius di sekolah. Jenis metode penelitian adalah pendekatan kualitatif deskiptif. Penelitian dilakukan di SMPN 6 Kota Blitar. Objek penelitian adalah peran guru PAI dalam meningkatkan pengembangan budaya religius, budaya yang diperoleh anak, kemudian apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan budaya religius di SMPN 6 Kota Blitar serta solusi guna mengatasi hambatan tersebut, sedangkan subjeknya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan komite madrasah. Data-data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Untuk mengukur keabsahan data digunakan teknik pemeriksaan, yakni; credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data dilakukan secara berjenjang dan saling interaksi; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan-temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMPN 6 Kota Blitar adalah salah satu sekolah yang memiliki banyak budaya religius diantaranya Pembacaan Surat Yasin, Sholat berjama’ah, dan lain-lain. Peran guru PAI dalam meningkatkan pengembangan budaya religius di sekolah tersebut cukup signifikan seperti mengupayakan kegiatan yang bisa berdampak bagi siswa, membahas pengembangan program budaya religius secara berkala, dan lain-lain. Upaya guru PAI dalam mengembangkan budaya religius tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya faktor pendukung, di antaranya lingkungankeluarga, lingkungan sekolah, fasilitas yang mendukung dan lain-lain. Namun ada juga hambatan yang mengiringi yaitu lingkungan keluarga yang kurang harmonis, kurangnya minat para siswa, media massa. Maka dari itu ada beberapa solusi yang telah dilakukan guna mengatasi hambatan tersebut di antaranya kepedulian keluarga, memotivasi siswa, memberi sosialisasi kepada peserta didik untuk penggunaan media massa.
|
|
Publisher |
LPP STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar
|
|
Date |
2021-10-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/102
|
|
Source |
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"; Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Al Fikrah: Jurnal Studi Islam STIT AL Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar; 138 - 151
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"; Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Al Fikrah: Jurnal Studi Islam STIT AL Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar; 138 - 151 2477-023X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/102/73
|
|