PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM DI ERA GLOBALISASI TERHADAP AKHLAK SANTRI MADRASAH DINIYAH AL FALAH JEBLOG TALUN BLITAR
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM DI ERA GLOBALISASI TERHADAP AKHLAK SANTRI MADRASAH DINIYAH AL FALAH JEBLOG TALUN BLITAR
|
|
Creator |
Baderun
|
|
Subject |
Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim, Akhlak Santri
|
|
Description |
Globalisasi telah melanda dunia, dimana-mana nilai yang selama ini mapan mudah berubah akibat tidak ada batas lagi antar ruang dan waktu, sehingga nilai-nilai tersebut berubah menjadi relative dan subyektif. Semua berkaitan perilaku, budi pekerti, etika dan moral tidak bisa dikatakan obyektif karena nilai yang dianggap sebagai landasan perilaku itu sendiri mudah berubah. Hal-hal yang belakangan ini muncul seperti batasan antara pornografi dan pornoaksi dengan seni sangat tipis, apakah berpakaian ketat dan minim termasuk pornoaksi atau bagian daripada seni. Ini sangat sulit dibedakan. Oleh karena nilai-nilai tersebut mudah luntur maka dibutuhkan penguatan kembali nilai-nilai yang berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits yang disebut akhlaq. Akhlaq ini merupakan cermin setiap pribadi apakah ia punya rasa malu, muru’ah, amanah, jujur, adil, lemah lembut, rasa kasih sayang terhadap sesama, dermawan, ikhlas dalam berbuat, suka menolong dan sebagainya. Tujuan melakukan penelitian adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui Kitab Ta’lim Muta’alim di Madrasah Diniyah Al-Falah Jeblog Talun Blitar. 2. Untuk mengetahui hasil pembelajaran metode Kitab Ta’lim Muta’alim di Madrasah Diniyah Al-Falah Jeblog Talun Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode triangulasi data. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa : 1. Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim di Madrasah Diniyah Al-Falah Jeblog Talun Blitar dengan metode bandongan yaitu dalam sistem ini sekelompok santri mendengarkan beliau yang membaca, menerjemahkan dan menerangkan Kitab Ta’lim Muta’alim. 2. Hasil pembelajran Kitab Ta’lim Muta’alim menurut beliau sudah ada berjalannya pembiasaan jabat tangan kepada guru pengajar sebelum memasuki kelas dan disertai mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru di luar kelas. |
|
Publisher |
LPP STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar
|
|
Date |
2021-04-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/89
|
|
Source |
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"; Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Al Fikrah: Jurnal Studi Islam STIT AL Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar; 30
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"; Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Al Fikrah: Jurnal Studi Islam STIT AL Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar; 30 2477-023X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/89/68
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/management/importexport/plugin/QuickSubmitPlugin/saveSubmit
|
|