KONSEP BELAJAR MENURUT TEORI HUMANISTIK (MEMANUSIAKAN MANUSIA)
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONSEP BELAJAR MENURUT TEORI HUMANISTIK (MEMANUSIAKAN MANUSIA)
|
|
Creator |
Moh. Alqhoswatu Taufik
|
|
Subject |
belajar, teori humanistik, manusia
|
|
Description |
Manusia adalah makhluk yang memiliki kebutuhan yang sangat beragam. Salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi adalah belajar. Di dalam proses belajar itu manusia hendaklah diperlakukan sebagaimana manusia bukan diperlakukan seperti robot. Oleh sebab itu mucullah teori belajar yang mananusiakan manusia, yaitu teori belajar humanistik. Pada konsepnya manusia ini memiliki hasrat untuk belajar, belajar yang berarti, belajar tanpa ancaman, belajar atas inisitaif sendiri, dan belajar untuk perubahan. Proses belajar harus bermuara pada manusia dengan memperhatikan perkembangan kepribadian manusia. Apikasi dari teori ini lebih ditekankan pada ruh atau spirit dalam proses pembelajaran. Metode – metode pembelajaran yang diterapkan bersifat atraktif dan up to date. Dengan demikian maka pembelajaran dengan teori ini mampu mampu memeperlakukan manusia sebagai mahluk Allah Tuhan Yang Maha Esa yang mulia serta bebas pada batas-batas ekstensinya yang hakiki sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi.
|
|
Publisher |
LPP STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar
|
|
Date |
2020-04-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/56
|
|
Source |
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"; Vol 2 No 1 (2020): April
JURNAL STUDI ISLAM "AL-FIKRAH"; Vol 2 No 1 (2020): April 2477-023X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/56/42
|
|