Record Details

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Jurnal Pendidikan Nusantara

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
 
Creator Bahnan, Alqis bahnan
 
Subject guidance and counseling service
self-confident
high school student
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMA. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) dengan mengumpulkan referensi dari berbagai jurnal dalam rentang waktu dari 2015-2021. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif  metode meta sintesis, yaitu metode yang berupaya mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi keseluruhan hasil penelitian sesuai dengan pertanyaan penelitian, topik, ataupun fenomena yang menjadi kajian. Pendekatan yang digunakan adalah dimana tujuan utamanya adalah untuk mendapat teori maupun konsep atau tingkatan pemahaman  yang lebih mendalam dan menyeluruh mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMA. Hasil temuan penelitian adalah layanan bimbingan dan konseling sangat efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik SMA. Layanan bimbingan dan konseling yang sesuai adalah layanan dsar bimbigan, layanan informasi dan layanan responsif.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Rasa Percaya Diri, Peserta Didik SMA
This study aims to determine the effectiveness of Guidance and Counseling services in increasing the confidence of high school students. The method used is a systematic literature review (SLR) by collecting references from various journals in the time span from 2015-2021. The data analysis used a qualitative approach with the meta synthesis method, which is a method that seeks to identify, evaluate, and interpret the overall research results in accordance with the research questions, topics, or phenomena being studied. The approach used is where the main goal is to get theories and concepts or levels of deeper and more thorough understanding of how to increase the confidence of high school students. The results of the research findings are that guidance and counseling services are very effective in increasing the confidence of high school students. The appropriate guidance and counseling services are basic guidance services, information services and responsive services.
 
Keywords: guidance and counseling service, self-confident, high school student
 
Publisher STKIP NU Kabupaten Tegal
 
Date 2022-03-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/51
10.52796/jpnu.v2i2.51
 
Source Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 2 No. 2 (2022); 70-81
Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol 2 No 2 (2022); 70-81
2745-8342
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/51/30
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Nusantara
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0