Record Details

THE EFFECT OF THE USE OF GADGETS ON THE DEVELOPMENT OF EDUCATION AND CULTURAL CHARACTER OF THE NATION'S CHILDREN

Jurnal Pendidikan Nusantara

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title THE EFFECT OF THE USE OF GADGETS ON THE DEVELOPMENT OF EDUCATION AND CULTURAL CHARACTER OF THE NATION'S CHILDREN
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KARAKTER BUDAYA ANAK BANGSA
 
Creator Okitasari, Wandha
aqib, auzai
 
Subject Gadgets
Characters
Influences
Madrasah Ibtidaiya
Gadget
Karakter
Pengaruh
Madrasah Ibtidaiyah
 
Description Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin pesat seturut dengan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut menghasilkan berbagai aplikasi, yang selalu baru dari hari ke hari. Salah satunya adalah gadget. Gadget sangat berdampak pada pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir, pola rasa maupun pola perilaku yang berkaitan erat dengan pengembangan pendidikan dan karakter budaya bangsa. Karakter dapat diartikan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, dan watak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kadar intensitas penggunaan gadget siswa MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak di MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan gadget terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey-kuantitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan penelitian dengan memilih sampel dari suatu populasi dengan memanfaatkan kuisioner atau angket sebagai alat pengumpulan data. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS untuk mendapatkan keabsahan data. Akhir penelitian ini terdapat temuan siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya aktif atau selalu menggunakan gadget dengan baik sesuai indikator yang telah dipaparkan, siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya memiliki karakter budaya bangsa yang baik sesuai indikator penelitian, koefisien regresi faktor penggunaan gadget tidak teruji dan hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa penggunaan gadget berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Dari output uji regresi, nilai koefisien regresi bernilai positif maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh hubungan intensitas penggunaan gadget (X) berpengaruh positif terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa (Y). Sehingga persamaan regresinya adalah Y = 49,048 + 0,114X.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin pesat seturut dengan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut menghasilkan berbagai aplikasi, yang selalu baru dari hari ke hari. Salah satunya adalah gadget. Gadget sangat berdampak pada pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir, pola rasa maupun pola perilaku yang berkaitan erat dengan pengembangan pendidikan dan karakter budaya bangsa. Karakter dapat diartikan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, dan watak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kadar intensitas penggunaan gadget siswa MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak di MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan gadget terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey-kuantitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan penelitian dengan memilih sampel dari suatu populasi dengan memanfaatkan kuisioner atau angket sebagai alat pengumpulan data. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS untuk mendapatkan keabsahan data. Akhir penelitian ini terdapat temuan siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya aktif atau selalu menggunakan gadget dengan baik sesuai indikator yang telah dipaparkan, siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya memiliki karakter budaya bangsa yang baik sesuai indikator penelitian, koefisien regresi faktor penggunaan gadget tidak teruji dan hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa penggunaan gadget berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Dari output uji regresi, nilai koefisien regresi bernilai positif maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh hubungan intensitas penggunaan gadget (X) berpengaruh positif terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa (Y). Sehingga persamaan regresinya adalah Y = 49,048 + 0,114X.
 
Publisher STKIP NU Kabupaten Tegal
 
Date 2021-09-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/25
10.52796/jpnu.v2i1.25
 
Source Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 2 No. 1 (2021)
Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol 2 No 1 (2021)
2745-8342
 
Language ind
 
Relation http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/25/19
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Nusantara
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0