PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA
Jurnal Pendidikan Nusantara
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA
EDUCATION AND HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT |
|
Creator |
Muslikh
|
|
Subject |
Education
Human Resources Development Pendidikan Sumber Daya Manusia Pembangunan |
|
Description |
Indonesia adalah Negara kaya dengan potensi sumber daya yang luar biasa, dari mulai jumlah pulau sebanyak 17.504 buah, 1.340 suku bangsa, 721 bahasa daerah, potensi budaya dan heterogenitas agama, Islam, Katolik, Protestan Hindu, Buddha, Konghucu serta potensi lainnya yang menggambarkan pluralitas dan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an. Kekayaan-kekayaan inilah menjadikan Indonesia berpotensi menjadi negara besar dan maju. Di sisi lain dengan jumlah penduduk sebanyak 263 juta lebih, dan apalagi Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2045 yang berimplikasi munculnya berbagai permaslahan, seperti kemiskinan, kesehatan, kriminalitas dan sebagainya. Persoalan ini menuntut Indonesia harus bekerja keras agar dapat keluar dari problem yang dihadapi. Indonesia dengan potensi yang dimiliknya harus yakin dapat mengatasi kompleksitas problem yang dihadapi. Menjadi kunci permasalahan yang ada adalah program pendidikan yang didesain mencetak Sumber Daya Manusia berkualitas berperan sebagai agen perubahan untuk mencapai kesejahteran lahir dan batin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan bidang pendidikan sebagai proses pemberdayaan dengan sumber daya manusia sebagai outputnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini bahwa pendidikan berperan menciptakan sumber daya manusia berkualitas sebagai asset pembangunan bangsa.
Indonesia is a rich country with tremendous resource potential, from 17.504 islands, 1.340 ethnic groups, 721 regional languages, cultural potential and religious heterogeneity, Islam, Cahtolicism, Hindu, Protestantism, Buddhism, Confucianism and othe potential that illustrates plurality and Bhinneka Tunggal Ika. These riches make Indonesia a potential big and developed country. On the other hand, whit a population of more than 263 million, and moreover Indonesia will face a demographic bonus in 2045 which implies the emergence of various problems, such as poverty, health, crime and so on. This problem requires Indonesia to work hard in order to get out of the problems it is facing. Indonesia with its potential must be sure that it can overcome the complexity of the problems it faces. The key to the existing problem is an educational program designed to produce quality human resources to act as agents of change to achieve physical and mental well-being. This study aims to determine the relationship between the education sector as a process of empowerment with human resources as it output. This research is qualitative whit descriptive method. The expected result from this research is that education plays a role in creating quality human resources as assets for national development. |
|
Publisher |
STKIP NU Kabupaten Tegal
|
|
Date |
2021-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/11
10.52796/jpnu.v1i2.11 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 1 No. 2 (2021)
Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol 1 No 2 (2021) 2745-8342 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/11/10
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Nusantara
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|