Record Details

TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN DAN ETIKA SOSIAL AHMAD QODRI ABDILLAH AZIZIY

Jurnal Pendidikan Nusantara

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN DAN ETIKA SOSIAL AHMAD QODRI ABDILLAH AZIZIY
TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN DAN ETIKA SOSIAL AHMAD QODRI ABDILLAH AZIZIY
 
Creator Ali Imron
 
Subject Pendidikan,
Etika Sosial
A. Qodri Aziziy
Pendidikan
Etika Sosial
A. Qodri Azizi
 
Description Globalisasi memiliki dampak secara positif dan juga negative. Tingginya angka kriminalitas bias jadi dipengaruhi oleh globalisasi karena perkembangan teknologi komunikasi dan Informasi melalui internet yang sangat mudah menyuguhkan berbagai informasi. Ahmad Qordri Azizi salah satu tokoh muslim yang diperhitungkan di Indonesia. Selain kemampuan prestasi dan karirnya juga perhatiannya terhadap pendidikan. Penelitian ini bermaksud mengkaji Pemikiran Pendidikan dan Etika Sosial Ahmad Qodri Abdillah Aziziy, dengan sumber utama A. Qodri Azizi, Pendidikan (Agama) Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai Dan Bermanfat), Semarang: Aneka Ilmu, 2003. Oleh sebab itu jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, telaah pustaka. Setelah dilakukan penelitian diperoleh data, 1) Ada tiga hal penting menurut A. Qodri A. Azizy yang ditransfer melalui pendidikan, yaitu: values, knowledge, dan skills. Inti materi Pendidikan Islam adalah akidah, syari’ah dan akhlak. Materi tersebut dijabarkan dalam bentuk rukun Iman, rukun Islam dan Akhlak; serta beberapa keilmuan: ilmu tauhid, ilmu fiqh, dan ilmu akhlak. Selain materi tersebut, pendidikan juga mengajarkan tentang berbuat baik dalam rangka mencari kebahagiaan dan kenyamanan hidup di dunia, hidup bersama dengan orang lain atau hidup dalam suatu aturan, norma, dan etika suatu masyarakat. 2) Sedangkan etika social difahami oleh Qodri Azizy sebagai bentuk perilaku kehidupan yang berupa aturan-aturan atau norma atau moral, baik yang berasal dari adat istiadat suatu masyarakat. Penanaman etika sosial pada peserta didik dapat dilakukan dengan langkah-langkah: mengajarkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan; mengajarkan budi pekerti, mengajarkan etika lingkungan, sikap respek, tanggung jawab, dan voluntarisme sebagai ajaran Islam yang ada hubungannya dengan nilai-nilai yang berkaitan dengan moralitas sosial.
Globalisasi memiliki dampak secara positif dan juga negative. Tingginya angka kriminalitas bias jadi dipengaruhi oleh globalisasi karena perkembangan teknologi komunikasi dan Informasi melalui internet yang sangat mudah menyuguhkan berbagai informasi. Ahmad Qordri Azizi salah satu tokoh muslim yang diperhitungkan di Indonesia. Selain kemampuan prestasi dan karirnya juga perhatiannya terhadap pendidikan. Penelitian ini bermaksud mengkaji Pemikiran Pendidikan dan Etika Sosial Ahmad Qodri Abdillah Aziziy, dengan sumber utama A. Qodri Azizi, Pendidikan (Agama) Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai Dan Bermanfat), Semarang: Aneka Ilmu, 2003. Oleh sebab itu jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, telaah pustaka. Setelah dilakukan penelitian diperoleh data, 1) Ada tiga hal penting menurut A. Qodri A. Azizy yang ditransfer melalui pendidikan, yaitu: values, knowledge, dan skills. Inti materi Pendidikan Islam adalah akidah, syari’ah dan akhlak. Materi tersebut dijabarkan dalam bentuk rukun Iman, rukun Islam dan Akhlak; serta beberapa keilmuan: ilmu tauhid, ilmu fiqh, dan ilmu akhlak. Selain materi tersebut, pendidikan juga mengajarkan tentang berbuat baik dalam rangka mencari kebahagiaan dan kenyamanan hidup di dunia, hidup bersama dengan orang lain atau hidup dalam suatu aturan, norma, dan etika suatu masyarakat. 2) Sedangkan etika social difahami oleh Qodri Azizy sebagai bentuk perilaku kehidupan yang berupa aturan-aturan atau norma atau moral, baik yang berasal dari adat istiadat suatu masyarakat. Penanaman etika sosial pada peserta didik dapat dilakukan dengan langkah-langkah: mengajarkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan; mengajarkan budi pekerti, mengajarkan etika lingkungan, sikap respek, tanggung jawab, dan voluntarisme sebagai ajaran Islam yang ada hubungannya dengan nilai-nilai yang berkaitan dengan moralitas sosial.
 
Publisher STKIP NU Kabupaten Tegal
 
Date 2020-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/7
10.52796/jpnu.v1i1.7
 
Source Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 1 No. 1 (2020); 47-66
Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol 1 No 1 (2020); 47-66
2745-8342
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/7/1
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Nusantara