Record Details

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Jurnal Pendidikan Nusantara

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA
 
Creator Mohamad Furqon
 
Subject Pendidikan Multikultural
Transformasi Pendidikan
Masyarakat Multikultur
Pendidikan multikultural
transformasi pendidikan
Masyarakat Multikultural
 
Description Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan progresif untuk melakukan transformasi pendidikan yang secara holistik memberikan krpitik dan menunjukkan kelemahan-kelemahan, kegagalan-kegagalan dan diskriminasi di dunia pendidikan. Pendidikan multikultural sebagai instrumen rekayasa sosial mendorong sekolah supaya dapat berperan dalam menanamkan kesadaran dalam masyarakat multikultur dan mengembangkan sikap tenggang rasa dan toleran untuk mewujudkan kebutuhan serta kemampuan bekerjasama dengan segala perbedaan yang ada. Artikel berusaha menunjukkan bahwa praktek pendidikan multikultural di Indonesia dapat dilaksanakan secara fleksibel, tidak harus dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah atau monolitik. Pelaksanaan pendidikan multikultural didasarkan atas lima dimensi: (1) integrasi konten, (2) proses penyusunan pengetahuan, (3) mengurangi prasangka, (4) pedagogi setara, serta (5) budaya sekolah dan struktur sekolah yang memberdayakan.
Multicultural education can be described as a progressive approach to do some education transformations which holistically provide critics and show the weaknesses, failures, and discriminations in education. Multicultural education as a social engineering instrument encourages schools to take the role of raising students’ consciousness of the multicultural society and developing their empathy and tolerance in fulfilling their needs and their ability to cooperate in any differences among them.This article tries to show that multicultural education practices in Indonesia can be carried out flexibly, without being separated as a special subject or being treated as a monolithic subject. Instead, it can be included in the other school subjects unseparately. The implementation of multicultural education is based on five dimentions: (1) content integration, (2) the knowledge construction process, (3) prejudice reduction, (4) an equity pedagogy, and (5) an empowering school culture and social structure.
Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan progresif untuk melakukan transformasi pendidikan yang secara holistik memberikan kritik dan menunjukkan kelemahan-kelemahan, kegagalan-kegagalan dan diskrimainasi di dunia pendidikan. Pendidikan multikultural sebagai instrumen rekayasa sosial mendorong sekolah supaya dapat berperan dalam menanamkan kesadaran dalam masyarakat multikultur dan mengembangkan sikap tenggang rasa dan toleran utuk mewujudkan kebutuhan serta kemampuan bekerjasama dengan segala perbedaan yang ada. Artikel berusaha menunjukkan bahwa praktek pendidikan multikultural di Indonesia dapat dilaksanakan secara fleksibel, tidak harus dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah atau monolitik. Pelaksanaan pendidikan multikultural didasarkan atas lima dimensi: (1) integrasi konten, (2) proses penyusunan pengetahuan, (3) mengurangi prasangka, (4) pedagogi setara, serta (5) budaya sekolah dan struktur sekolah yang memberdayakan.
 
Publisher STKIP NU Kabupaten Tegal
 
Date 2020-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/6
10.52796/jpnu.v1i1.6
 
Source Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol. 1 No. 1 (2020); 1-12
Jurnal Pendidikan Nusantara; Vol 1 No 1 (2020); 1-12
2745-8342
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stkipnutegal.ac.id/index.php/jpnu/article/view/6/4
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Nusantara