Record Details

Analisis Sistem Sertifikasi Guru dalam Problematika Kekinian

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Sistem Sertifikasi Guru dalam Problematika Kekinian

 
Creator Fauzi, Imron
 
Subject sertifikasi guru, problematika
 
Description Keberhasilan pembaharuan sekolah sangat ditentukan oleh gurunya, karena guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator dan sekaligus merupakan pusat inisiatif pembelajaran. Hal ini membuat guru layak mendapatkan reward. Salah satu reward yang diberikan oleh Negara terhadap guru adalah dengan sistem sertifikasi. Implikasi dari kepemilikan sertifikasi pendidikan, guru akan mendapatkan penghasilan di atas kebutuhan standar. Di sisi lain guru juga dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas output peserta didik. Di sinilah kesenjangan muncul. Dari berbagai riset menunjukkan sistem sertifikasi banyak menemui problematikanya. Karenanya tulisan ini membuat analisis problem serta pemecahan masalahnya sebagai bagian dari kegelisahan akademik. Solusinya antara lain dengan meningkat kualitas pendidikan tenaga pendidik, optimalisasi LPTK, pembuatan laporan kinerja guru, pelatihan pemanfaatan IT, validitas data pendidik dan membuat matrikulasi bagi tenaga pendidik yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan.
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2016-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/108
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 9 No 1 (2016): FEBRUARI; 38-57
2442-4579
2085-6539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/108/101