Record Details

Perkembangan Masyarakat dalam Dimensi Pendidikan Berbasis Multikultural

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perkembangan Masyarakat dalam Dimensi Pendidikan Berbasis Multikultural

 
Creator Palili, Sampara
 
Description Artikel ini bertujuan mendeskripsikan dan menginterpretasikan tentang urgensi pendidikan berbasis multikulturalisme, dimensi pendidikan multikultural dan tujuan pendidikan multikultural yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan desain library research atau studi pustaka. Analisis yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, Pendidikan multikultural sangat dirasakan penting untuk menjaga integritas bangsa Indonesia dari perpecahan horizontal sebagaimana terjadi tidak hanya sekali sepanjang Indonesia merdeka. Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, pemahaman akan pentingnya perbedaan sebagai sebuah anugerah merupakan titik tolak pendidikan berbasis multikultural. Setidaknya, ada lima dimensi pendidikan multikultural yang diperkirakan dapat membantu guru dalam mengimplementasikan beberapa program yang mampu merespon terhadap perbedaan pelajar, yaitu: pertama, dimensi integrasi isi atau materi (content integration). Kedua, dimensi konstruksi pengetahuan (knowledge construction). Ketiga, dimensi pengurangan prasangka (prejudice ruduction). Keempat, dimensi pendidikan yang sama (equitable paedagogy), dan kelima, dimensi pemberdayaan budaya sekolah dan struktur sosial (empowering school culture and social structure).
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2018-08-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/337
10.36835/tarbiyatuna.v11i2.337
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 11 No 2 (2018): AGUSTUS; 199-227
2442-4579
2085-6539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/337/254
 
Rights Copyright (c) 2018 Sampara Palili
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0