Record Details

Pendidikan Tahfidzul Qur'an Usia Dewasa dan Lanjut Usia di Wilayah Metropolis

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Tahfidzul Qur'an Usia Dewasa dan Lanjut Usia di Wilayah Metropolis

 
Creator Rokhim, Ahmad Abdur
 
Description Mayoritas lembaga yang menyelenggarakan pendidikan Tahfidzul Qur’an adalah pondok pesantren, sekolah formal, taman pendidikan Al Qur’an, masjid dan juga musholla. Pesertanya kebanyakan adalah dari kalangan anak-anak dan remaja. Kelompok usia yang masih memilik kemampuan mengingat cukup kuat dan belum memiliki banyak kesibukan. Pendidikan Tahfidzul Qur’an di Yayasan Griya Al Qur’an Surabaya justru menunjukkan fenomena yang berbeda pada umumnya, yakni seluruh peserta didiknya adalah orang-orang berusia dewasa dan lanjut usia. Hadirnya Yayasan Griya Al Qur’an Surabaya membawa nuansa baru dalam dunia pendidikan Tahfidzul Qur’an karena fokus pada peserta usia dewasa dan lanjut usia di wilayah perkotaan. Konsep pembelajaran yang digunakan merupakan perpaduan antara pondok pesantren dengan lembaga kursus atau sekolah formal. Strategi ini bertujuan agar pendidikan Tahfidzul Al Qur’an bisa diikuti semua kalangan bukan hanya monopoli santri di pondok pesantren. Dengan menggunakan manajemen yang profesional, kurikulum yang terstruktur, metode belajar yang menyenangkan serta jadwal belajar yang fleksibel bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang hendak mengikuti pendidikan Tahfidzul Qur’an ditengah kesibukan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif jenis fenomelologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena sosial yang terjadi pada pendidikan Tahfidzul Qur’an usia dewasa dan lanjut usia beserta proses pelaksanaan pembelajarannya.
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1206
10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1206
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 15 No 1 (2022): PEBRUARI; 38-53
2442-4579
2085-6539
10.36835/tarbiyatuna.v15i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1206/591
 
Rights Copyright (c) 2022 Ahmad Abdur Rokhim
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0