Record Details

The Pendidikan Islam Informal dan Peran Sumber Daya Manusia dalam Perkembangan Masyarakat: Studi Evaluasi Teoretis

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title The Pendidikan Islam Informal dan Peran Sumber Daya Manusia dalam Perkembangan Masyarakat: Studi Evaluasi Teoretis
PENDIDIKAN ISLAM INFORMAL DAN PERAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT: STUDI EVALUASI TEORETIS
 
Creator Hasibuan, Ahmad Tarmizi
Rahmawati, Ely
 
Description This study describes the study of Islamic education in an informal setting, correspondence with human resource development and the role of its development to create a healthy and balanced environment in society with moral and spiritual values. Islamic education does not only focus on formal education, but non-formal and informal education also needs to be the center of attention. Informal Islamic education contributes to the world of education in Islam, but there needs to be an evaluation in the system and its implementation, so that it can play a role in developing human resources in society. This type of research uses a qualitative approach with the Library Research method. then the data is poured by describing the results of the analysis. The results in this study contain two studies, namely, first discussing education and its functions in general and then education from an Islamic perspective. Second, it discusses the character of informal Islamic education, the role players in the field of informal Islamic education, their status as teachers, the role of teachers, teacher competencies, and teacher-student relationships in the light of Islamic culture and heritage.Keywords: Islamic Education, Human Resources.
Penelitian ini menjelaskan kajian pendidikan Islam dalam setting informal, korespondensi dengan pengembangan sumber daya manusia dan peran pengembangannya untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan seimbang dalam masyarakat dengan nilai moral dan spiritual. Pendidikan islam tidak hanya berfokus dalam pendidikan yang bersifat formal saja, namuan nonformal serta informal juga perlu menjadi pusat perhatian. Pendidikan islam informal memberikan kontribusinya dalam dunia pendidikan dalam islam, namun perlu adanya sebuah evaluasi dalam sisitem dan implementasinya, supaya mampu berperan dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam masyarakat. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Library Research. kemudian datanya dituangkan dengan cara mendeskripsikan hasil analisis. Hasil dalam penelitian berisi dua kajian yaitu, Pertama membahas pendidikan dan fungsinya secara umum dan kemudian pendidikan dari perspektif Islam. Kedua, membahas tentang karakter pendidikan Islam informal, para pemain peran di lapangan pendidikan Islam informal, statusnya sebagai guru, peran guru, kompetensi guru, dan hubungan guru-peserta didik dalam terang budaya dan warisan Islam. Kata kunci: Pendidikan Islam, Sumber Daya Manusia.
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1182
10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1182
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 15 No 1 (2022): PEBRUARI; 24-37
2442-4579
2085-6539
10.36835/tarbiyatuna.v15i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1182/585
 
Rights Copyright (c) 2022 Ely Rahmawati
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0