Record Details

Pengembangan Kurikulum Multikultural Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Kurikulum Multikultural Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya

 
Creator Dahlia, Dahlia
 
Description Tulisan ini ingin melihat bagaimana kurikulum dimaknai sebagai sesuatu yang fleksibel. Karenanya, telaah terhadap kurikulum perlu disesuaikan dengan lokasi, keadaan siswa dan lingkungan dimana ia tinggal dengan tetap mengacu pada kompetensi Inti yang disepakati bersama. Distingsi ini perlu dipertahankan melihat urgensi dan sinergi antara lembaga pendidikan dengan lokasi dan hal tersebut diatas. Hasil penelitian ini melihat betapa pengembangan kurikulum berbasis multikultural pada sebuah lembaga pendidikan adalah sesuatu yang sangat urgen untuk direncanakan dan diimplementasikan dalam dunia pendidikan dewasa ini. Mengacu pada keberagaman latar belakang dan potensi dasar siswa, maka menjadi niscaya bahwa kurikulum pendidikan pun harus berbasis multikultural, karena kurikulum yang tidak berlandaskan multikultural akan berdampak pada pendidikan yang tidak “membahagiakan” bagi peserta didik.
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2017-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/256
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 10 No 1 (2017): FEBRUARI; 94-118
2442-4579
2085-6539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/256/188
 
Rights Copyright (c) 2017 Dahlia Dahlia
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0