Eksplorasi Pendidikan Karakter Era Revolusi Industri 4.0
Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Eksplorasi Pendidikan Karakter Era Revolusi Industri 4.0
— |
|
Creator |
Zaini, Muhammad Ardy
Shohib, Moch |
|
Description |
Abstract: Cyber technology is another term for education in the era of the industrial revolution 4.0, the emergence of artificial intelligence (IoT) by utilizing Artificial Intelligence "AI" is not impossible if the role of teachers will be replaced by AI and moral degradation, even though morals are the basic foundation of one's character. Based on this, the researcher examines cyber technology, educator analytics and character education alteration. This study uses a qualitative descriptive approach to the type of library research, which is to collect data that aims as an object of research. The technique used in data collection is by collecting library materials that are relevant to the intended object of discussion. The results show that learning in the industrial era 4.0 is actually the same as conventional learning, it's just that it is updated with a digitalization system, so that the term blended learning combines conventional learning and digital learning. The industrial era 4.0 really needs the presence of an educator, because in essence educators are not people who simply transfer knowledge, but there are still many roles and functions of educators, the most important of which is to become role models for students in character building. Character education in the Industrial 4.0 era can be applied through exemplary, Targhib (motivation), habituation and tadzkirah (warning). Abstrak: Cyber tecnology merupakan nama lain dari pendidikan di era revolusi industri 4.0, munculnya kecerdasan buatan (IoT) dengan memanfaatkan Artificial Intellegent. Keepannya bukan sesuatu hal yang muhal jika peran guru akan tergantikan oleh Artificial Intellegent dan munculnya degradasi moral sejak dini. Padahal moral merupakan fondasi dasar sebuah karakter diri. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengkaji tentang cyber tecnology, analitis pendidik dan alterasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis library research, yaitu mengumpulkan data yang bertujuan sebagai obyek penelitian. Teknik yang pakai dalam pengumpulan datanya dengan cara mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran di era industri 4.0 sebenarnya sama dengan pembelajaran konvensional, hanya saja dalam diperbarui dengan pemanfaatan sistem digitalisasi sehingga muncullah istilah blended learning yang memadukan pembelajaran konvensional dan pembelajaran e-learning, di era industri 4.0 kehadiran seorang pendidik sangat dibutuhkan, sebab pada hakikatnya pendidik bukanlah orang yang memberi peringatan, mentransfer ilmu penngetahuannya belaka, melaikan masih banyak peran dan fungsi pendidik, yang paling urgen dari pendidik adalah menjadi panutan (uswah) bagi peserta didiknya dalam pembentukan karakter. Pendidikan karakter di era Industri 4.0 bisa diterapkan melalui keteladanan, Targhib (motivasi), pembiasaan dan tadzkirah (peringatan). Kata kunci: Pembelajaran 4.0, Analitis Figur Pendidik, Pendidikan Karakter. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
|
|
Date |
2020-08-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/620
10.36835/tarbiyatuna.v13i2.620 |
|
Source |
Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 13 No 2 (2020): AGUSTUS; 123-141
2442-4579 2085-6539 10.36835/tarbiyatuna.v13i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/620/400
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Muhammad Ardy Zaini, Moch Shohib
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|