Record Details

Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kesenian Tari Badui di Dusun Malangrejo Ngemplak Sleman Yogyakarta

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kesenian Tari Badui di Dusun Malangrejo Ngemplak Sleman Yogyakarta

 
Creator Hidayah, Widha Nur
 
Description Penelitian ini mengungkapkan bahwa kesenian Tari Badui yang dikembangkan dan dilestarikan di masyarakat dusun Malangrejo yang merupakan kesenian berlatarbelakang syiar Agama Islam tidak hanya sebagai hiburan semata akan tetapi dapat menjadi media atau sarana pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di dusun Malangrejo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam kesenian Tari Badui di dusun Malangrejo yaitu nilai ketakwaan, nilai keikhlasan, nilai tanggung jawab, nilai kedisiplinan, nilai kemandirian, nilai cinta tanah air, nilai kesopanan, dan nilai sosial. Kemudian nilai Pendidikan Agama Islam dalam gerakannya meliputi nilai pendidikan keimanan, nilai ketakwaan, nilai tawadhu’, nilai tata krama, dan nilai kedisiplinan, sedangkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam iringan syairnya adalah nilai pendidikan keimanan yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Hari Akhir, kemudian nilai pendidikan ibadah yaitu ajakan untuk melaksanakan shalat, menuntut ilmu, bershalawat, membaca Alquran, serta nilai kedisiplinan dan nilai cinta tanah air.
 
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2022-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1155
10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1155
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 15 No 1 (2022): PEBRUARI; 1-23
2442-4579
2085-6539
10.36835/tarbiyatuna.v15i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1155/584
 
Rights Copyright (c) 2022 Widha Nur Hidayah
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0