Record Details

Nahdlatul Ulama dan Perannya dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah pada Masyarakat Plural

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nahdlatul Ulama dan Perannya dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah pada Masyarakat Plural

 
Creator Kharismatunisa', Ilma
Darwis, Mohammad
 
Description Artikel ini hendak menjelaskan tentang penanaman nilai-nilai pendidikan Aswaja untuk melihat tumbuh kembangnya kehidupan keberagamaan. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam Aswaja sejatinya tidak hanya terjadi di lingkungan pendidikan formal saja. Lebih dari itu, nilai-nilai pendididikan aswaja sudah menjadi tradisi kuat yang terus dipertahankan masyarakat Nahdlatul Ulama. Artikel ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di Kecamatan Senduro Lumajang. Kesimpulan menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Aswaja An-nahdliyyah yang ditanamkan pada masyarakat plural di Kecamatan Senduro mencakup beberapa aspek yaitu tawasuth, tasamuh, i'tidal dan tawazun. Peran Nahdlatul Ulama dalam proses penanaman nilai-nilai tawasuth dilakukan dengan metode pemahaman dan metode pembiasaan. Sedangkan penanaman nilai-nilai tasamuh dilakukan melalui program-program kegiatan MWCNU Senduro dengan metode pemahaman. Untuk penanaman nilai-nilai iā€™tidal dilakukan dengan metode pemahaman dan metode pembiasaan dan nilai-nilai tawazun dikemas dengan metode pemahaman dan metode pembiasaan.
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2021-08-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1094
10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1094
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 14 No 2 (2021): AGUSTUS; 141-163
2442-4579
2085-6539
10.36835/tarbiyatuna.v14i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1094/507
 
Rights Copyright (c) 2021 Ilma Kharismatunisa', Mohammad Darwis
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0