Record Details

Kajian Konseptual: Keterampilan Sosial Dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kajian Konseptual: Keterampilan Sosial Dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

 
Creator Sutomo, Moh.
 
Description Pola-pola pembelajaran tradisional merupakan pola pembelajaran yang mudah diwarisi secara turun temurun daam praktek pembelajaran di sekolah-sekolah.  ciri utama pola pembelajaran ini adalah target penyelesaian pada buku ajar/ paket yang utama. Kenyataan ini membuat guru kurang memberdayakan kompetensi siswa, salah satunya keterampilan sosial sebagai motor internal siswa dalam belajar. Keterampilan sosial teruji secara empiris teruji mampu mendorong siswa berprestasi secara akademik dan sosial, oleh karena itu perlu kajian dalam pemilihan strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan sosial. Strategi pembelajaran kooperatif jigsaw, merupakan salah satu alternative pilihan sebagai strategi  pembelajaran yang  mampu menumbuhkan keterampilan sosial siswa.
 
Publisher Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
 
Date 2016-08-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/244
 
Source Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 9 No 2 (2016): AGUSTUS; 129-142
2442-4579
2085-6539
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/244/176