MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS I MATERI MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAFASAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VCD PEMBELAJARAN) DI SD NEGERI GERIH 5 KECAMATAN GERIH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019: Meningkatkan Hasil Belajar Tematik
Jurnal Paradigma
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS I MATERI MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAFASAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VCD PEMBELAJARAN) DI SD NEGERI GERIH 5 KECAMATAN GERIH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019: Meningkatkan Hasil Belajar Tematik
|
|
Creator |
Ismini
|
|
Subject |
Penggunaan VCD Pembelajaran
Hasil Belajar |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah metode media audio visual (VCD Pembelajaran) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga VCD Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas I SD GERIH 5 tahun pelajaran 2018/2019 dalam pelajaran TEMATIK. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas ( PTK ) yaitu dengan menggunakan metode audio visual untuk mengukur hasil belajar siswa khususnya pembelajaran TEMATIK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dengan mengadakan post tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode audio visual (VCD Pembelajaran) dalam pembelajaran TEMATIK pokok bahasan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernafasan Manusia dengan menggunakan VCD. Pembelajaran, sebelum diterapkan metode audio visual dengan alat peraga VCD Pembelajaran 39,09 dan setelah diterapkan metode audio visual dengan menggunakan VCD Pembelajaran, terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata ketuntasan siswa meningkat dari 46,21 pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata ketuntasan siswa meningkat menjadi 71,06. Adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran media audio visual antara siklus I dan siklus II yang ditunjukan oleh pencapaian nilai rata – rata kelas, yaitu 46 pada siklus I meningkat menjadi 71,06 pada siklus II. Dari data hasil penelitian menunjukan sudah melebihi KKM yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media VCD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN GERIH 5 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. |
|
Publisher |
LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
|
|
Date |
2020-09-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Identifier |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/44
10.53961/jurnalparadigma.v9i01.44 |
|
Source |
Jurnal Paradigma; Vol. 9 No. 01 (2020): April
Jurnal Paradigma; Vol 9 No 01 (2020): April 2723-3480 2406-9787 10.53961/jurnalparadigma.v9i01 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/44/49
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|