Record Details

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN YANG BERKATAKTER PADA SISWA KELAS IIII MELALUI PENERAPAN MODEL PENGAJARAN GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DI SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KAB. NGAWI TAHUN PELAJARAN 2018-2019: Meningkatkan Hasil Belajar PKN

Jurnal Paradigma

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN YANG BERKATAKTER PADA SISWA KELAS IIII MELALUI PENERAPAN MODEL PENGAJARAN GABUNGAN CERAMAH DAN PENGAJARAN AUTENTIK DI SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KAB. NGAWI TAHUN PELAJARAN 2018-2019: Meningkatkan Hasil Belajar PKN
 
Creator Ismono
 
Subject PKn
Karakter
metode ceramah
pengajaran autentik
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar dan pengaruh motivasi belajar PKn setelahditerapkan model Gabungan Ceramah dan Pengajaran Autentik.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahapyaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi.Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gerih 5 Kec.Gerih Kab. Ngawi tahun pelajaran 2018-2019 Data yangdiperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatanbelajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswamengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu,siklus I (64.88%), siklus II (65.36%), siklus III (79.36%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulanbahwa metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positifterhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas IIII SDN Gerih5 Kec. Gerih Kab. Ngawi tahun pelajaran 2018-2019 serta modelpembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternativepembelajaran PPKn yang berkarakter.
 
Publisher LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
 
Date 2020-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Identifier https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/43
10.53961/jurnalparadigma.v9i01.43
 
Source Jurnal Paradigma; Vol. 9 No. 01 (2020): April
Jurnal Paradigma; Vol 9 No 01 (2020): April
2723-3480
2406-9787
10.53961/jurnalparadigma.v9i01
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/43/48
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0