PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI: Penerapan Metode Demonstrasi
Jurnal Paradigma
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI: Penerapan Metode Demonstrasi
|
|
Creator |
Sumini
|
|
Subject |
ilmu pengetahuan alam
metode demonstrasi |
|
Description |
Prestasi belajar merupakan hasil pekerjaan dan penciptaan olehsiswa, diperoleh dengan ketelitian kerja, serta perjuangan yangmembutuhkan pikiran. Dan dalam konteks ini yang dimaksudadalah prestasi belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Agarprestasi belajar IPA dapat terus ditingkatkan, perlu adanyapenerapan metode pembelajaran yang efektif. Metodepembelajaran yang dimaksud adalah metode demonstrasi.Dengan demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaranakan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentukpengertian dengan baik dan sempurna sebagai bekal untukmeningkatkan prestasi belajarnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,menganalisis, dan menjelaskan tentang penerapan metodedemonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas Vdi SD Negeri Gerih 5.Penelitian ini menghasilkan dua temuan: Pertama, bahwa prestasibelajar siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari hasilsiklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (53,33%), siklus II(83,33%), siklus III (90,00%). Kedua, metode demonstrasi dapatberpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDNegeri Gerih 5.
|
|
Publisher |
LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
|
|
Date |
2020-09-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Identifier |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/42
10.53961/jurnalparadigma.v9i01.42 |
|
Source |
Jurnal Paradigma; Vol. 9 No. 01 (2020): April
Jurnal Paradigma; Vol 9 No 01 (2020): April 2723-3480 2406-9787 10.53961/jurnalparadigma.v9i01 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/42/47
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|