Record Details

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI: Penerapan Metode Demonstrasi

Jurnal Paradigma

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GERIH 5 KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI: Penerapan Metode Demonstrasi
 
Creator Sumini
 
Subject ilmu pengetahuan alam
metode demonstrasi
 
Description Prestasi belajar merupakan hasil pekerjaan dan penciptaan olehsiswa, diperoleh dengan ketelitian kerja, serta perjuangan yangmembutuhkan pikiran. Dan dalam konteks ini yang dimaksudadalah prestasi belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Agarprestasi belajar IPA dapat terus ditingkatkan, perlu adanyapenerapan metode pembelajaran yang efektif. Metodepembelajaran yang dimaksud adalah metode demonstrasi.Dengan demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaranakan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentukpengertian dengan baik dan sempurna sebagai bekal untukmeningkatkan prestasi belajarnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,menganalisis, dan menjelaskan tentang penerapan metodedemonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas Vdi SD Negeri Gerih 5.Penelitian ini menghasilkan dua temuan: Pertama, bahwa prestasibelajar siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari hasilsiklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (53,33%), siklus II(83,33%), siklus III (90,00%). Kedua, metode demonstrasi dapatberpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDNegeri Gerih 5.
 
Publisher LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
 
Date 2020-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Identifier https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/42
10.53961/jurnalparadigma.v9i01.42
 
Source Jurnal Paradigma; Vol. 9 No. 01 (2020): April
Jurnal Paradigma; Vol 9 No 01 (2020): April
2723-3480
2406-9787
10.53961/jurnalparadigma.v9i01
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/42/47
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0