Record Details

ANALISIS MODEL-MODEL PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK USIA ANAK-ANAK, REMAJA DAN DEWASA: Analisis Model Pendidikan Karakter

Jurnal Paradigma

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS MODEL-MODEL PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK USIA ANAK-ANAK, REMAJA DAN DEWASA: Analisis Model Pendidikan Karakter
 
Creator Ahmad Wahib
 
Subject karakter
pendidikan
model pendidikan
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali model-modelpendidikan karakter yang efektif pada usia anak-anak, remaja dandewasa. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Penelitiandiawali dengan cara merumuskan masalah penelitian, kemudiandilanjutkan dengan menelusur hasil penelitian yang relevan untukdianalis. Sumber data penelitian terdiri dari empat artikel jurnal dantiga makalah ilmiah yang telah diseminarkan. Analisis datadilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil analisismenunjukkan model pendidikan untuk pembentukan karakter padausia anak-anak antara lain dilakukan melalui kegiatan bercerita,bermain peran, dan kantin kejujuran. Model pendidikan untukpengembangan karakter pada remaja diintegrasikan dalamperaturan sekolah, pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.Model pendidikan untuk pemantapan karakter pada usia dewasadilakukan dengan strategi penyadaran dan evaluasi diri melaluiforum seminar, menulis karya ilmiah dan diskusi. Berdasarkanhasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pendidikan karakteryang efektif dibangun dari iklim sekolah yang kondusif untukberkembangnya karakter positif.
 
Publisher LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
 
Date 2020-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Identifier https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37
10.53961/jurnalparadigma.v9i01.37
 
Source Jurnal Paradigma; Vol. 9 No. 01 (2020): April
Jurnal Paradigma; Vol 9 No 01 (2020): April
2723-3480
2406-9787
10.53961/jurnalparadigma.v9i01
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37/42
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0