Record Details

PARADIGMA PENAFSIRAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN: Paradigma Penasiran al-Qur’an

Jurnal Paradigma

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PARADIGMA PENAFSIRAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN: Paradigma Penasiran al-Qur’an
PARADIGMA PENAFSIRAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN: Paradigma Penasiran al-Qur’an
 
Creator Dr. H. Sulhan Hamid A. Ghani, M.Pd
 
Description Al-qur’an diturunkan sebagai Rahmat seluruh alam, oleh karena itupetunjuknya haruslah menyangkut seluruh aspek kehidupan manusiadiseluruh alam. Petunjuk dapat dipahami dari memahami teks-teksyang terkandung dalam al-Qur’an itu sendiri.Aspek-aspek kehidupan manusia yang semestinya mendapatpencerahan dari pemahaman terhadap al-Qur’an antara lain segi :Hukum, Pergaulan Manusia, Pembentukan karakter dan teknikpembentukan masyarakat kecil, juga pengakuan terhadap budayalokal dan kebiasaan yang ada termasuk dalam aspek pendidikan.Para ulama’ telah berusaha untuk melaksanakan pemahaman itudengan melalui berbagai cara dan pendekatan, ada pendekatanBahasa, termasuk bahasa sharaf, ada pendekatan kebiasaan suku arab,ada pendekatan sebab nuzul ayat dan sebagainya.Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban : Bagaimana paraulama’ dalam usaha menafsirkan al-Qur’an dengan pendekatanpendidikan?. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui sejauhmana peran ulama dahulu dalam berusaha memahami al-Qur’anmelalui pendekatan pendidikan.Jenis penelitian ini adalah literature dengan membandingkan berbagaisumber bacaan yang diperoleh kemudian dianalisis dan disimpulkan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para ulama telahberusaha untuk memahami al-Qur’an dengan berbagai pendekatandan metode, oleh karena itu telah melahirkan berbagai macam tafsiral-Qur’an, antara lain Tafsir bil Ri’ji, Tafsir bil Ma’tsur, TafsirMaudu’I dan lain-lain.Secara garis besarnya belum ada ulama yang menafsirkan al-Qur’ansecara menyeluruh dari pendekatan pendidikan.
Al-qur’an diturunkan sebagai Rahmat seluruh alam, oleh karena itupetunjuknya haruslah menyangkut seluruh aspek kehidupan manusiadiseluruh alam. Petunjuk dapat dipahami dari memahami teks-teksyang terkandung dalam al-Qur’an itu sendiri.Aspek-aspek kehidupan manusia yang semestinya mendapatpencerahan dari pemahaman terhadap al-Qur’an antara lain segi :Hukum, Pergaulan Manusia, Pembentukan karakter dan teknikpembentukan masyarakat kecil, juga pengakuan terhadap budayalokal dan kebiasaan yang ada termasuk dalam aspek pendidikan.Para ulama’ telah berusaha untuk melaksanakan pemahaman itudengan melalui berbagai cara dan pendekatan, ada pendekatanBahasa, termasuk bahasa sharaf, ada pendekatan kebiasaan suku arab,ada pendekatan sebab nuzul ayat dan sebagainya.Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban : Bagaimana paraulama’ dalam usaha menafsirkan al-Qur’an dengan pendekatanpendidikan?. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui sejauhmana peran ulama dahulu dalam berusaha memahami al-Qur’anmelalui pendekatan pendidikan.Jenis penelitian ini adalah literature dengan membandingkan berbagaisumber bacaan yang diperoleh kemudian dianalisis dan disimpulkan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para ulama telahberusaha untuk memahami al-Qur’an dengan berbagai pendekatandan metode, oleh karena itu telah melahirkan berbagai macam tafsiral-Qur’an, antara lain Tafsir bil Ri’ji, Tafsir bil Ma’tsur, TafsirMaudu’I dan lain-lain.Secara garis besarnya belum ada ulama yang menafsirkan al-Qur’ansecara menyeluruh dari pendekatan pendidikan.
 
Publisher LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
 
Date 2020-08-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Identifier https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31
10.53961/jurnalparadigma.v8i1.31
 
Source Jurnal Paradigma; Vol. 8 No. 1 (2019): Nopember
Jurnal Paradigma; Vol 8 No 1 (2019): Nopember
2723-3480
2406-9787
10.53961/jurnalparadigma.v8i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31/22
 
Rights Copyright (c) 2019 Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0