PARADIGMA PENAFSIRAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN: Paradigma Penasiran al-Qur’an
Jurnal Paradigma
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PARADIGMA PENAFSIRAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN: Paradigma Penasiran al-Qur’an
PARADIGMA PENAFSIRAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN: Paradigma Penasiran al-Qur’an |
|
Creator |
Dr. H. Sulhan Hamid A. Ghani, M.Pd
|
|
Description |
Al-qur’an diturunkan sebagai Rahmat seluruh alam, oleh karena itupetunjuknya haruslah menyangkut seluruh aspek kehidupan manusiadiseluruh alam. Petunjuk dapat dipahami dari memahami teks-teksyang terkandung dalam al-Qur’an itu sendiri.Aspek-aspek kehidupan manusia yang semestinya mendapatpencerahan dari pemahaman terhadap al-Qur’an antara lain segi :Hukum, Pergaulan Manusia, Pembentukan karakter dan teknikpembentukan masyarakat kecil, juga pengakuan terhadap budayalokal dan kebiasaan yang ada termasuk dalam aspek pendidikan.Para ulama’ telah berusaha untuk melaksanakan pemahaman itudengan melalui berbagai cara dan pendekatan, ada pendekatanBahasa, termasuk bahasa sharaf, ada pendekatan kebiasaan suku arab,ada pendekatan sebab nuzul ayat dan sebagainya.Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban : Bagaimana paraulama’ dalam usaha menafsirkan al-Qur’an dengan pendekatanpendidikan?. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui sejauhmana peran ulama dahulu dalam berusaha memahami al-Qur’anmelalui pendekatan pendidikan.Jenis penelitian ini adalah literature dengan membandingkan berbagaisumber bacaan yang diperoleh kemudian dianalisis dan disimpulkan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para ulama telahberusaha untuk memahami al-Qur’an dengan berbagai pendekatandan metode, oleh karena itu telah melahirkan berbagai macam tafsiral-Qur’an, antara lain Tafsir bil Ri’ji, Tafsir bil Ma’tsur, TafsirMaudu’I dan lain-lain.Secara garis besarnya belum ada ulama yang menafsirkan al-Qur’ansecara menyeluruh dari pendekatan pendidikan.
Al-qur’an diturunkan sebagai Rahmat seluruh alam, oleh karena itupetunjuknya haruslah menyangkut seluruh aspek kehidupan manusiadiseluruh alam. Petunjuk dapat dipahami dari memahami teks-teksyang terkandung dalam al-Qur’an itu sendiri.Aspek-aspek kehidupan manusia yang semestinya mendapatpencerahan dari pemahaman terhadap al-Qur’an antara lain segi :Hukum, Pergaulan Manusia, Pembentukan karakter dan teknikpembentukan masyarakat kecil, juga pengakuan terhadap budayalokal dan kebiasaan yang ada termasuk dalam aspek pendidikan.Para ulama’ telah berusaha untuk melaksanakan pemahaman itudengan melalui berbagai cara dan pendekatan, ada pendekatanBahasa, termasuk bahasa sharaf, ada pendekatan kebiasaan suku arab,ada pendekatan sebab nuzul ayat dan sebagainya.Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban : Bagaimana paraulama’ dalam usaha menafsirkan al-Qur’an dengan pendekatanpendidikan?. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui sejauhmana peran ulama dahulu dalam berusaha memahami al-Qur’anmelalui pendekatan pendidikan.Jenis penelitian ini adalah literature dengan membandingkan berbagaisumber bacaan yang diperoleh kemudian dianalisis dan disimpulkan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para ulama telahberusaha untuk memahami al-Qur’an dengan berbagai pendekatandan metode, oleh karena itu telah melahirkan berbagai macam tafsiral-Qur’an, antara lain Tafsir bil Ri’ji, Tafsir bil Ma’tsur, TafsirMaudu’I dan lain-lain.Secara garis besarnya belum ada ulama yang menafsirkan al-Qur’ansecara menyeluruh dari pendekatan pendidikan. |
|
Publisher |
LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
|
|
Date |
2020-08-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Identifier |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31
10.53961/jurnalparadigma.v8i1.31 |
|
Source |
Jurnal Paradigma; Vol. 8 No. 1 (2019): Nopember
Jurnal Paradigma; Vol 8 No 1 (2019): Nopember 2723-3480 2406-9787 10.53961/jurnalparadigma.v8i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31/22
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Paradigma
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|