Implementasi PAR dalam Pendidikan Agama Islam
Jurnal Paradigma
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi PAR dalam Pendidikan Agama Islam
|
|
Creator |
aning, aning
|
|
Subject |
implementasi
PAR Pendidikan Agama Islam |
|
Description |
Abstrak PAR dalam beberapa hal secara teori dan praktis berbeda dengan penelitian pada umumnya. Participatory action research (PAR) yang merupakan penelitian alternatif dari permasalahan filsafat sosial (kehidupan sosial), sering dihubungkan dengan perubahan (transformasi) sosial dunia ke tiga. Ada 3 hal yang membedakan PAR dengan penelitian biasa, yaitu keterlibatan partisipan (hampir semuanya terlibat), penelitian didasarkan pada analisis sosial (problem sebuah komunitas) dan orientasi pada komunitas. Pada umumnya dalam penelitian tindakan termasuk PAR, peneliti mengorbankan metodologi dan teknik yang kaku ditukar dengan yang lebih menguntungkan untuk validasi. Untuk alasan tersebut maka penelitian tindakan partisipatori kadang-kadang disebut riset dengan teknik yang rendah (low-tech). penelitian tersebut mengabaikan aspek metodologis dalam penelitian. Menjadi menarik ketika permasalahan umum dalam pendidikan agama Islam dapat dikaji dan diteliti dengan PAR. Tulisan ini bertujuan melakukan analisis kritis tentang esensi dan urgensi PAR dengan fokus pendidikan agama Islam.
|
|
Publisher |
LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
|
|
Date |
2015-11-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6
10.53961/jurnalparadigma.v1i1.6 |
|
Source |
Jurnal Paradigma; Vol. 1 No. 1 (2014): November
Jurnal Paradigma; Vol 1 No 1 (2014): Nopember 2723-3480 2406-9787 10.53961/jurnalparadigma.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6/2
|
|
Rights |
Copyright (c) 2015 Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
|
|