Record Details

Implementasi PAR dalam Pendidikan Agama Islam

Jurnal Paradigma

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi PAR dalam Pendidikan Agama Islam
 
Creator aning, aning
 
Subject implementasi
PAR
Pendidikan Agama Islam
 
Description Abstrak PAR dalam beberapa hal secara teori dan praktis berbeda dengan penelitian pada umumnya. Participatory action research (PAR) yang merupakan penelitian alternatif dari permasalahan filsafat sosial (kehidupan sosial), sering dihubungkan dengan perubahan (transformasi) sosial dunia ke tiga. Ada 3 hal yang membedakan PAR dengan penelitian biasa, yaitu keterlibatan partisipan (hampir semuanya terlibat), penelitian didasarkan pada analisis sosial (problem sebuah komunitas) dan orientasi pada komunitas. Pada umumnya dalam penelitian tindakan termasuk PAR, peneliti mengorbankan metodologi dan teknik yang kaku ditukar dengan yang lebih menguntungkan untuk validasi. Untuk alasan tersebut maka penelitian tindakan partisipatori kadang-kadang disebut riset dengan teknik yang rendah (low-tech). penelitian tersebut mengabaikan aspek metodologis dalam penelitian. Menjadi menarik ketika permasalahan umum dalam pendidikan agama Islam dapat dikaji dan diteliti dengan PAR. Tulisan ini bertujuan melakukan analisis kritis tentang esensi dan urgensi PAR dengan fokus pendidikan agama Islam.
 
Publisher LP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
 
Date 2015-11-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6
10.53961/jurnalparadigma.v1i1.6
 
Source Jurnal Paradigma; Vol. 1 No. 1 (2014): November
Jurnal Paradigma; Vol 1 No 1 (2014): Nopember
2723-3480
2406-9787
10.53961/jurnalparadigma.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6/2
 
Rights Copyright (c) 2015 Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan