Record Details

Membumikan Islam Wasatuyah di Sekolah (Studi atas Optimalisasi Pembelajaran Materi Aswaja di MTs.Miftahul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep)

Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Membumikan Islam Wasatuyah di Sekolah (Studi atas Optimalisasi Pembelajaran Materi Aswaja di MTs.Miftahul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep)
 
Creator Muchtar, Ah Mutam
 
Description Artikel ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran materi Aswaja di MTs Miftahul Ihsan Pragaan Sumenep. Implementasi ini sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman Islam wasatiyah di kalangan siswa sehingga tidak mudah untuk terjebak dalam aliran atau paham takfiri yang radikal. Dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan implementasi materi Aswaja di MTs. Miftahul Ihsan, Desa Sentol Daya dilakukan melalui tiga tahapan meliputi perencanaan, kajian, evaluasi, sosialisasi terhadap wali murid, serta legalisasi ke Kemenag. Selain itu, penerapan materi Aswaja ini berkontribusi dalam menambah pemahaman peserta didik tentang Islam Wasatiyah meliputi bagaimana sejarahnya, paham keagamaan yang dianut, ajaran amaliyah-nya, serta paham-paham lain yang bertentangan dengan Aswaja atau Islam Wasatiyah.
 
Publisher Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
 
Date 2019-09-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/122
 
Source Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 2 No 2 (2019): September; 328-352
2621-1149
2621-1130
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/122/74
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0