Strategi Kiai dalam Pembinaan Moral Santri di Ma’had Tahfiz Al-Qur’an (MTA) Zainul Ibad Prenduan
Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Strategi Kiai dalam Pembinaan Moral Santri di Ma’had Tahfiz Al-Qur’an (MTA) Zainul Ibad Prenduan
|
|
Creator |
Washil, A
Firdausi, Firdausi |
|
Description |
Ulama (kiai) merupakan lambang kesinambungan misi kenabian, yang tidak boleh tercemar oleh kepentingan individu, ras, dan kepentingan temporal. Selain itu mereka bertanggung jawab atas kelangsungan nilai-nilai moralitas untuk terwujudnya masyarakat yang adil, dan sejahtera di bawah perlindungan Tuhan. Masalah moral terjadi di berbagai daerah dan mendapat respon dari berbagai lini, baik oleh pakar pendidikan/ ilmuwan, bahkan para kiai yang memiliki andil dalam memimpin dan menegakkan moral siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kiai dalam membentuk moral siswa yang terbentuk sejak dini. Bentuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif/ studi kasus, yang menggunakan metode komparatif konstan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh para ulama (kyai) dalam membentuk akhlak santri menggunakan strategi penguatan dan strategi tajribah atau pembiasaan untuk tindakan kebaikan (mustahsin al-'adab). Karena kedua strategi tersebut dapat menjadikan siswa memiliki akhlak yang baik dan terpuji (al-akhlaqul karimah wal mahmudah).
|
|
Publisher |
Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
|
|
Date |
2020-03-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/151
|
|
Source |
Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 3 No 1 (2020): Maret; 196-209
2621-1149 2621-1130 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/151/97
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|