Record Details

Analisis Terhadap Kurikulum Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Cilik Al-Amien (Poncila) Tegal Prenduan

Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Terhadap Kurikulum Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Cilik Al-Amien (Poncila) Tegal Prenduan
 
Creator Washil, A
Firdausi, Firdausi
 
Description Guru merupakan salah satu faktor penting dalam implementasi kurikulum pendidikan Islam, khususnya di pesantren, karena kurikulum di pesantren menggunakan kurikulum klasik, seperti istilah sorogan atau bendongan yang dijadikan salah satu metode pembelajaran agama Islam. Kurikulum klasik saat ini dipadukan dengan kurikulum modern, karena jika dipadukan kedua model tersebut, maka peran kurikulum dapat dipersiapkan dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam, yakni mempersiapkan peserta didik agar mereka dapat hidup di masyarakat, hingga anak didik dapat memiliki kebijaksanaan menurut ajaran Islam, memiliki kebebasan yang terpimpin, berkemampuan mengatur diri sendiri, memilki rasa kebersamaan yang tinggi, menghormati orangtua dan guru, cinta kepada ilmu, mandiri, dan kesederhanaan.
 
Publisher Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
 
Date 2020-06-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/125
 
Source Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 2 No 2 (2019): September; 410-427
2621-1149
2621-1130
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/125/77
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0