Record Details

Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah Persepektif NU

Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah Persepektif NU
 
Creator Hosnan, Mohamamad
Halim, Abdul
Gani, Abdul
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan Islam dalam membangun Ukhuwah Wathaniyah perspektif NU. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data untuk menggali dan memperoleh teori-teori atau konsep dalam buku dengan pendekatan pustaka (library research). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dengan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga terbentuk analisis ilmiah tentang isi pesan yang ada. Penelitian ini menunjukkan konsep Pendidikan Islam dalam membangun ukhuwah wathaniyah menurut perspektif NU adalah berpedoman pada sikap toleran, tasamuh, tawazun. Pendidikan NU lebih berwawasan pluralistik. Dan pendidikan NU mengatur hubungan antar manusia dalam tiga macam yang dikenal dengan tri ukhuwah. Hal ini menunjukkan bahwa NU memahami persaudaraan/kerukunan yang diajarkan oleh Islam. Dalam konteks kenegaraan, NU dengan konsep pendidikan ukhuwah wathaniyah mampu membekali masyarakat Indonesia lebih khusus lagi warga Nahdiyin sendiri lebih menyayangi Negara Indonesia.
 
Publisher Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
 
Date 2021-09-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/214
 
Source Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 4 No 2 (2021): September; 302-325
2621-1149
2621-1130
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/214/132
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0