Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah Persepektif NU
Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Pendidikan Islam dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah Persepektif NU
|
|
Creator |
Hosnan, Mohamamad
Halim, Abdul Gani, Abdul |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan Islam dalam membangun Ukhuwah Wathaniyah perspektif NU. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data untuk menggali dan memperoleh teori-teori atau konsep dalam buku dengan pendekatan pustaka (library research). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dengan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga terbentuk analisis ilmiah tentang isi pesan yang ada. Penelitian ini menunjukkan konsep Pendidikan Islam dalam membangun ukhuwah wathaniyah menurut perspektif NU adalah berpedoman pada sikap toleran, tasamuh, tawazun. Pendidikan NU lebih berwawasan pluralistik. Dan pendidikan NU mengatur hubungan antar manusia dalam tiga macam yang dikenal dengan tri ukhuwah. Hal ini menunjukkan bahwa NU memahami persaudaraan/kerukunan yang diajarkan oleh Islam. Dalam konteks kenegaraan, NU dengan konsep pendidikan ukhuwah wathaniyah mampu membekali masyarakat Indonesia lebih khusus lagi warga Nahdiyin sendiri lebih menyayangi Negara Indonesia.
|
|
Publisher |
Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
|
|
Date |
2021-09-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/214
|
|
Source |
Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 4 No 2 (2021): September; 302-325
2621-1149 2621-1130 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/214/132
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|