Peningkatan Pengawasan Sekolah/Madrasah dalam Bidang Pembelajaran
Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Pengawasan Sekolah/Madrasah dalam Bidang Pembelajaran
|
|
Creator |
Rachman, Fathor
|
|
Description |
Pengawasan pendidikan menduduki peran penting dalam upaya penjaminan mutu pendidikan khususnya dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan. Sayangnya fungsi kepengawasan kurang dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Halsi penelitian meunjukkan bahwa peran dan kinerja pengawas sekolah/madrasah masih kurang maksimal seiring dengan terbatasnya tenaga pengawas yang ada. Di samping itu, kurang fahamnya secara detail tugas, kewajiban, dan tanggung jawab pengawasan merupakan persoalan tersendiri, selain persoalan lemahnya kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh pengawas. Upaya peningkatan kinerja kepengawasan di bidang pembelajaran perlu dikembangkan solusi alternatif sebagai pemecahan terhadap persoalan kepengawasan. Untuk meingkatkan kinerja pengawas, maka ke depan perlu dilakukan pengawasan berbasis guru, peningkatan pelaksanaan supervisi klinis dan perlu ada pengembangan model pengawasan SAIKEM (Pengawasan Sendiri, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), agar kinerja pengawas lebih maksimal.
|
|
Publisher |
Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
|
|
Date |
2019-03-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/107
|
|
Source |
Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 2 No 1 (2019): Maret; 243-307
2621-1149 2621-1130 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/107/71
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|