Record Details

Integrasi Pendidikan Islam di Madrasah, Pesantren, dan PTKI: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Integrasi Pendidikan Islam di Madrasah, Pesantren, dan PTKI: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep
 
Creator Hosnan, Mohammad
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang integrasi pendidikan Islam yang dipraktikkan di lembaga sekolah, madrasah, pesantren, dan PTKI. Secara khusus, penelitian ini mengambil studi kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, yang merupakan salah satu pesantren tua yang bercorak semi modern. Penelitian ini sangat penting karena selama ini terjadi dikotomi keilmuan, antara ilmu agama dan ilmu umum sehingga menimbulkan permasalahan dalam ranah pendidikan Islam. Dampak dikotomi ilmu ini begitu sangat luas dan memengaruhi cara pandang masyarakat tentang ilmu. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Annuqayah telah menerapkan integrasi ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di dunia pesantren. Artinya, bahwa pendidikan di Annuqayah sama sekali tidak mendikotomikan ilmu tertentu. Antara ilmu agama dan ilmu umum sama-sama merupakan ilmu Allah yang bisa menjadi jalan bagi manusia untuk lebih dekat kepada Allah.
 
Publisher Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi
 
Date 2020-03-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/148
 
Source Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman; Vol 3 No 1 (2020): Maret; 126-146
2621-1149
2621-1130
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/148/101
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0