Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berparadigma Kontekstual (Telaah Contextual Teaching and Learning Perspektif Teori Belajar)
Economic: Journal of Economic and Islamic Law
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berparadigma Kontekstual (Telaah Contextual Teaching and Learning Perspektif Teori Belajar)
|
|
Creator |
Sa'adillah, Rangga
|
|
Description |
Pendidikan Agama Islam menjadi pelajaran doktrinisasi. Peserta didik banyak disuguhi hal-hal yang “hitam” atau “putih”. Dalam artian “hitam” adalah hal-hal yang tidak boleh dilaksanakan, atau dalam artian “putih” adalah hal-hal yang boleh dilaksanakan (halal atau haram). Untuk lebih memantapkan internalisasi doktrin tersebut, acapkali didendangkan “janji-janji surgawi”. Disamping itu peserta didik diberi beban memori yang berat dengan hafalan-hafalan yang jauh akan realitas kehidupan dalam diri peserta didik. Belum lagi dengan penyalahgunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang menjadi acuan predikat kepintaran peserta didik. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berparadigma Kontekstual berusaha menyuguhkan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih humanis. Paradigma kontekstual ini mengacu pada strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Dalam beberapa komponen pembelajaran kontekstual banyak berdasar pada grand teori belajar aliran kognitif. Diantaranya adalah Jean Peaget, Kurt Koffka penganut Gestaltian, dan Lev Vygotsky.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
|
|
Date |
2017-08-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2916
10.36781/tarbawi.v4i1.2916 |
|
Source |
TARBAWI; Vol. 4 No. 1 (2015): SEPTEMBER; 119-130
2597-6672 2252-5882 |
|